Breaking News:

Update Corona di Klaten

4 Warga Positif COVID, 33 Menunggu Hasil tes, 2 Kampung di Kerten Klaten Lockdown

Dua kampung di Desa Kerten, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menjalani karantina wilayah setelah terdapat 4 warga positif covid-19.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Suasana karantina wilayah di Dukuh Kalijuweh, Desa Kerten, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis (17/6/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Dua kampung di Desa Kerten, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menjalani karantina wilayah setelah terdapat 4 warga positif covid-19.

Selain itu, sebanyak 33 orang warga lainnya yang berada di dua kampung di desa tersebut juga sedang menunggu hasil tes swab PCR.

Kepala Desa Kerten, Suyadi mengatakan dua kampung yang jalani karantina wilayah di desanya itu yakni di Dukuh Kalijuweh dan Dukuh Gedungan.

"Masing-masing kampung ini ada dua warganya yang terkonfirmasi COVID-19," ucap Suyadi saat Tribunjogja.com temui di desa setempat, Kamis (17/6/2021).

Baca juga: Dua Pedagang Positif COVID-19, Pasar Kepoh Klaten Tutup Dua Hari

Menurutnya, pada Senin kemarin pihak Puskesmas telah melakukan pelacakan bagi kontak erat dari empat warga tersebut.

Hasilnya, 33 warga dari dua kampung tersebut menjalani tes swab PCR.

"Sekarang 33 warga ini menunggu hasilnya. Karena itu kita lakukan pembatasan akses bagi 33 warga ini dan lockdown untuk antisipasi," ucapnya.

Ia mengatakan, keputusan untuk melaksanakan karantina wilayah setelah pihaknya melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak termasuk Satgas COVID-19.

Adapun pelaksanaan karantina wilayah di dua kampung tersebut dilakukan sejak Senin (14/6/2021).

Sementara itu, Ketua Satgas COVID-19 Kecamatan Gantiwarno, Lilis Yuliyati mengatakan pihaknya telah menginstruksikan Satgas COVID-19 Desa Kerten untuk menutup akses jalan menuju dua kampung yang warganya positif tersebut.

Baca juga: Tambah 92 Orang Positif COVID-19, Jumlah Kumulatif di Klaten Tembus 10.014 kasus

"Kalau 33 orang ini tidak kita batasi takutnya makin meluas ke mana-mana. Makanya kita minta karantina dulu sampai hasil swab PCR keluar," ucapnya.

Ia mengatakan, dari 33 warga yang menunggu hasil swab PCR tersebut, beberapa warga juga ada yang dinyatakan reaktif tes rapid antigen, sehingga dilakukan tes swab PCR.

Menurut Camat Gantiwarno itu, ada pun 4 warga yang positif COVID-19, di Kerten itu diduga terpapar setelah pergi piknik ke daerah Wonosari, Gunungkidul.

"Selain itu ada juga yang pergi melayat hingga hajatan," ucapnya.  ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved