Breaking News:

Tribun Musik

Piyu Kampanyekan Kesehatan Jantung Dengan 'Dissolve'

Cara Piyu, gitaris Padi Reborn mengenang mendiang vokalis Kunci Band, Dendy Mikes, mengajak publik peduli kesehatan jantung.

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho | Editor: Agus Wahyu
Piyu Kampanyekan Kesehatan Jantung Dengan 'Dissolve' - piyu-padi-rebirn.jpg
Tribunjogja.com/Yudha
Piyu Padi Reborn
Piyu Kampanyekan Kesehatan Jantung Dengan 'Dissolve' - piyu-rilis-single-dissolve-kampanyekan-pentingnya-jaga-kesehatan-jantung.jpg
Istimewa
Gitaris Padi Reborn yakni Satriyo Yudi Wahono atau dikenal Piyu saat merilis single bertajuk 'Dissolve', beberapa waktu lalu.

MENGENANG mendiang Dendy Mikes, mantan vokalis band Kunci yang meninggal dunia karena serangan jantung, gitaris Padi Reborn, Satriyo Yudi Wahono atau Piyu, merilis single bertajuk 'Dissolve', belum lama ini.

Sebelum Dendy Mikes berpulang akibat serangan jantung, 6 Oktober 2019 silam, bersama Piyu ia sempat menciptakan sekaligus menyanyikan lagu 'Dissolve' ini. Piyu bercerita, lagu Dissolve ini terhenti pada 2014 dan belum sempat dirilis, sampai akhirnya Dendy Mikes berpulang akibat serangan jantung.

Menurutnya, Dendy adalah vokalis yang menarik, sebab ia memiliki karakter yang tak ditemukan pada penyanyi lain. Itulah yang menjadi alasan utamanya ia berkolaborasi dengan Dendy saat itu.

Di samping itu, Piyu dan Dendy juga memiliki kedekatan secara emosional, lantaran pernah berada dalam satu band. "Karena kedekatan itu kita membuat lagu berjudul 'Dissolve', terhenti pada 2014. Kita sempat kerja sama dengan gitaris asal Prancis. Sampai akhirnya, Dendy meninggalkan kita untuk selama-lamanya," kata Piyu, saat live streamin di Studio 52 Tribun Jogja, Kamis (10/06/201) lalu.

Lebih lanjut Piyu mengatakan, lantaran proyek yang lama mangkrak, sejujurnya lagu ini sudah terlupakan saking banyaknya aktivitas dirinya. "Beberapa bulan lalu, entah pas saya sedang mendengarkan data-data lagu yang sudah ada, saya mendapatkan lagu ini (Dissolve). Terus, saya coba mixing dan mastering, benar-benar dengan sound yang proper gitu. Ternyata, saya merasa ada sesuatu yang belum tersampaikan setelah mendengarkan suaranya Dendy di lagu Dissolve ini," tuturnya.

"Saya merasa ada sebuah pesan, yang belum tersampaikan. Pemikiran saya, ini ada sesuatu yang memang lirik lagu ini relate banget dengan kehidupannya Dendy maupun kejadian ketika dia meninggalkan kita semua," imbuhnya.

Piyu lantas berdiskusi sekaligus meminta izin kepada istri mendiang Dendy Mikes, Cempaka, terkait idenya mau membuatkan lagu ini sebagai bagian aksi penggalangan dana dan sebagai bentuk pengingat kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Ide tersebut pun disambut baik oleh Cempaka.

"Setelah kami gali, ternyata Dendy ini mengalami serangan jantung. Tercetus ide, bagaimana kalau donasi ini kita berikan untuk mereka yang mengalami masalah pada jantung," ujar Piyu.

Lagu 'Dissolve' ini kemudian melahirkan sebuah gerakan sosial yang bernama 'Dissolve Movement'. Gerakan penggalangan dana yang hasilnya akan dikelola Yayasan Jantung Indonesia untuk mengampanyekan pentingnya menjaga kesehatan jantung. Di samping itu, gerakan ini juga didukung benihbaik.com yang akan mengelola seluruh dana yang terkumpul.

"Tujuannya supaya mengingatkan banyak orang, terutama mereka yang masih muda dan produktif, bahwa kita harus berhati-hati terhadap penyakit jantung ini. Caranya dengan mengubah cara hidup atau life style. Apalagi, penyakit jantung ini adalah penyakit paling banyak merenggut nyawa manusia, paling besar sampai sekarang," tambahnya.

Donasi juga berupa penjualan merchandise Dissolve (boxset berisi t-shirt dan masker) yang dikelola pihak Tendencies dengan design Artwork Icon Dissolve dari Yongki Pardamean Simanjuntak serta Design Lukisan Karya Tondi Hasibuan.

Terpisah, Cempaka berharap adanya Dissolve Movement bisa menjadi peninggalan Dendy Mikes, terutama lagu tersebut. "Besar harapan saya, agar kita bisa lebih aware tentang kesehatan jantung. Semoga ini bisa menjadi kebaikan untuk banyak orang, semoga suara Dendy juga bisa melekat di hati kita sampai kapan pun," harap Cempaka.

Bercerita Soal Kekecewaan
ADAPUN lagu 'Dissolve' bercerita tentang seseorang yang kecewa dan menarik diri dari orang sekitar, karena pernah melakukan kesalahan dalam hidup. "Lirik lagu ini bercerita tentang seseorang yang menyadari dan menyesali kesalahannya, kemudian dia terpaksa harus menghilang atau menarik diri. Makanya judul lagu ini Dissolve. Semacam dia ingin menyelesaikan masalahnya, dengan caranya sendiri," beber Piyu.

Selain merilis lagu itu, Piyu juga merilis video musik “Dissolve” dalam bentuk film pendek berdurasi enam menit lebih. (han)

Selengkapnya baca Tribun Jogja edisi Minggu (13 Juni 2021) halaman 07.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved