Breaking News:

Biaya Ganti Ban Bus Ternyata Setara Harga Satu Skutik Bongsor

Bus besar biasanya memiliki 6-8 roda. Jika seluruhnya diganti dengan yang baru, harganya tak bisa dibilang kecil.

Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Deretan Bus terparkir di terminal Jombor, Sleman. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA – Bus jadi pilihan sebagian masyarakat Indonesia untuk bepergian. Ada beragam keunggulan dari bus yang tak dimiliki oleh moda transportasi umum lainnya.

Kendaraan umum ini punya dimensi besar, sehingga bisa mengangkut penumpang cukup banyak dan beban yang besar. Tarif perjalanannya juga relatif lebih murah dibanding pesawat terbang maupun kereta api.

Jangkauan rute perjalanannya tentu saja lebih luas lagi, karena bus AKAP bisa melewati banyak kota. Bus juga dirasa cukup nyaman untuk melibas jalanan di Indonesia. Tak heran banyak masyarakat yang lebih suka bepergian menggunakan bus umum.

Karena diisi banyak penumpang, tentu beban yang diangkut bus juga cukup besar. Salah satu komponen yang menahan beban bus ke jalanan adalah ban. Dengan beban yang berat tadi, sudah pasti ban yang digunakan oleh bus berbeda dengan mobil penumpang biasa.

Memiliki ukuran yang besar, kira-kira berapa biaya mengganti ban dari satu unit bus besar yang memiliki enam sampai delapan roda?

Ukuran yang umum digunakan pada ban bus besar adalah 11 R 22.5 tipe radial. Untuk ban dengan ukuran tersebut, harganya mulai dari Rp 3 juta sampai paling mahal ada di angka Rp 4 juta.

“Sedangkan ada juga tipe low section series dengan ukuran 295/80 R 22.5. Untuk model ini harganya antara Rp 3,5 juta sampai sekitar Rp 5 juta,” ucap Bambang Widjanarko, Tire & Rim Consultant serta Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY, dikutip dari Kompas.com, Rabu (9/6/2021).

Jika dibandingkan, untuk satu ban bus yang paling murah lalu dikalikan enam, hasilnya sekitar Rp 18 juta. Sedangkan jika memakai model yang paling mahal, total biaya yang dikeluarkan untuk membeli ban baru mulai dari kisaran Rp 30 juta.

Harga di atas hanya untuk bus besar dengan jumlah roda enam, sedangkan untuk model tronton yang punya delapan roda, biayanya tentu lebih besar. Siapkan uang mulai dari Rp 24 juta sampai Rp 40 juta saat mau mengganti ban bus dengan yang baru.

Angka-angka ini boleh dibilang seharga satu unit baru sepeda motor skuter matik alias skutik bongsor 150 cc. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ganti Semua Ban Bus, Harganya Setara Satu Skutik Bongsor 150 cc"

Editor: Singgih Wahyu N
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved