Breaking News:

Maksimalkan AstraZeneca, Pemkot Yogyakarta Targetkan Vaksinasi Lansia Selesai Akhir Juni 2021

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mematok target menyelesaikan vaksinasi Covid-19 untuk kalangan lanjut usia dan pra lanjut usia (lansia)

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
dok.istimewa
Ilustrasi penyuntikan vaksin 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mematok target menyelesaikan vaksinasi Covid-19 untuk kalangan lanjut usia dan pra lanjut usia (lansia) pada Juni 2021.

Sebagai catatan, per 1 Juni silam, imunisasi dosis pertama sudah menggunakan vaksin AstraZeneca.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menuturkan, pihaknya mempunyai jatah 5.000 doisis vaksin Astra Zeneca yang siap digunakan.

Baca juga: Sebanyak 20 Guru IPA SMP di Gunungkidul Ikuti Pelatihan Pembelajaran Daring

Saat ini, keseluruhan dosis itu, sudah didistribusikan ke fasilitas kesehatan (faskes) yang bisa memfasilitasi proses vaksinasi untuk masyarakat.

"Sebagian besar sekarang sudah kita laksanakan untuk masyarakat. Semuanya aman, tidak ada sesuatu. Jadi, ya Alhamdulillah, lancar," terangnya, Kamis (3/6/2021).

Ia tak menampik, vaksin AstraZeneca yang dikantonginya tersebut, bakal diprioritaskan untuk menyelesaikan proses imunisasi bagi kalangan lansia dan pra lansia, serta tokoh masyarakat, agama, hingga para relawan Covid-19.

"Harapannya Juni bisa kita percepat, agar target utamanya, bisa selesai. Sehingga, kita bisa segera bergerak menyasar kelompok masyarakat yang lainnya," ungkapnya.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta itu mengatakan, vaksinasi, di samping pengetatan protokol kesehatan, harus dikebut secepat mungkin.

Pasalnya, tak bisa dihindari, Yogyakarta merupakan salah satu tujuan pariwisata dan rutin disambangi para pelancong.

"Karena Yogyakarta, mau nggak mau, DNA-nya kan harus menerima banyak tamu, baik wisatawan, atau mahasiswa. Sehingga, percepatan vaksinasi, lalu pembiasaan prokes, harus bisa kita dorong," ucap Wakil Wali Kota.

Baca juga: Percepat Herd Immunity, Polda DIY Akan Bantu Proses Vaksinasi Covid-19 di Gunungkidul

"Tapi, yang harus diingat, tidak ada pertahanan yang lebih efektif dibanding memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan. Nah, itu harus disiplin, diterapkan setiap orang, ketika dimanapun dan kapanpun," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengatakan, saat ini vaksin Sinovac masih tetap digunakan untuk injeksi dosis kedua. Untuk vaksin dosis yang pertama, seluruhnya sudah memakai AstraZeneca, sejak awal bulan Juni kemarin.

"Prioritas sekarang diperluas, ke pra lansia juga. Harapan kami, akhir Juni selesai. Masyarakat tidak perlu khawatir (dengan AstraZeneca). Karena itu sudah ada izinnya dari BPOM, aman digunakan," pungkasnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved