Breaking News:

Pendidikan

Besok Pengumuman Kelulusan,107 Siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta Sudah Terjun ke Industri Lebih Dulu

Belum pengumuman kelulusan, sebanyak 107 siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta sudah bisa masuk ke dunia industri maupun diterima di Perguruan Tinggi ternama.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
dok.istimewa
ilustrasi berita pendidikan 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Belum pengumuman kelulusan, kurang lebih 107 siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta sudah bisa masuk ke dunia industri maupun diterima di Perguruan Tinggi (PT) kenamaan.

Adapun pengumuman kelulusan SMK digelar esok hari, Kamis (3/6/2021).

Beberapa perusahaan yang merekrut Sumber Daya Manusia (SDM) alumni SMK Negeri 2 Yogyakarta diantaranya adalah Mitsubishi School program dari PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia (PT MMKSI) dan PT Mitsubishi Motors Kramayudha Indonesia (PT MMKI).

Ada juga Samsung Tech Institute dari PT Samsung Electronics Indonesia, Link and Match Program dari PT Komatsu Indonesia, CIFU class Industry dari PT Cipta Futura, dan masih banyak lagi.

Baca juga: PPDB SMA/SMK 2021 Belum Dibuka, Disdikpora DIY Masih Tunggu Pergub

Wakil Kepala Sekolah Hubungan Masyarakat dan Industri SMK Negeri 2 Yogyakarta, Sumadi mengatakan ini adalah cara SMK-nya untuk menjalankan dan mengedepankan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Kami tetap mengutamakan link dan match dengan industri baik di skala nasional maupun internasional,” jelas Sumadi, Rabu (2/6/2021).

Berdasarkan laporan data dari bursa kerja sekolah, setidaknya ada 107 siswa sedang mengikuti tahap akhir seleksi berbagai dunia usaha dan siap diberangkatkan ke perusahaan.

“Data per tanggal 30 Mei 2021 ya ada 107 siswa yang akan segera bekerja. Mereka siap untuk masuk ke industri padahal belum ada pengumuman kelulusan,” kata Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Yogyakarta, Dodot Yuliantoro SPd MT.

Sedangkan yang diterima di PT melalui berbagai seleksi jalur SNMPTN, KIP, Seleksi Mandiri dan lain sebagainya sudah ada 104 siswa dinyatakan diterima.

Rata-rata mereka bakal menempuh studi di Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Institut Seni Indonesia (ISI) dan masih banyak lagi.

Baca juga: Sembilan SMA/SMK di DIY Ajukan Diri untuk Gelar Pembelajaran Tatap Muka, Berikut Daftarnya

“Ada juga yang sudah berkomitmen untuk melanjutkan usaha mandiri dengan berwirausaha. Itu ada tiga siswa,” katanya.

Dodot mengungkapkan, data tersebut pasti akan berkembang seiring membaiknya perekonomian bangsa di masa pandemi COVID-19.

Sementara, Ketua Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Ghoni Muta’ali SPdT menambahkan, setidaknya ada 13 siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta yang sedang mengikuti magang sebagai calon karyawan di PT Komatsu Indonesia.

“Untuk PT. Komatsu Indonesia fokus pada kurikulum assembling alat berat, sehingga 13 siswa yang kami kirim ke PT Komatsu Indonesia. Mereka nantinya akan melalui proses pelatihan dan sertifikasi kompetensi dan akhirnya menjadi karyawan PT Komatsu Indonesia,” tambah Ghoni. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved