Breaking News:

Feature

Drone Sprayer Bisa Semprot Pestisida di Lahan 10 Hektare per Hari

FROGS Indonesia, perusahaan milik anak bangsa, membantu kerja petani dengan menghadirkan drone sprayer bernama Sekar Agri.

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Drone Sprayer Sekar Agri karya Frogs Indonesia, saat ujicoba penyemprotan pestisida di lahan pertanian Sorogenen II, Kalurahan Purwomartani, Kalasan, Sleman. 

Teknologi di bidang pertanian pada era industri 4.0 terus berkembang. Satu di antaranya adalah pemanfaatan teknologi drone atau pesawat nirawak yang bisa mengubah budaya bertani menjadi lebih modern.

LEWAT sentuhan teknologi, kerja petani bakal lebih mudah, efisien, serta cepat. Frogs Indonesia, perusahaan milik anak bangsa, pun mencoba membantu kerja petani dengan menghadirkan drone sprayer bernama Sekar Agri.

Perusahaan beralamat di Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, itu melakukan uji coba Sekar Agri di persawahan Padukuhan Sorogenen II, Kalurahan Purwomartani, Kapanewon Kalasan, Kabupaten Sleman, Selasa (25/5/2021) lalu.

AE Frogs Indonesia, Filardi Ayun mengatakan, Sekar Agri yang diuji coba berdaya tampung 10 liter. Baterainya mendukung penerbangan sampai 15 menit. Per hari, Sekar Agri sanggup menyemprotkan pestisida ke lahan 10 hektare.

Jika menggunakan tenaga manusia, penyemprotan pestisida dalam satu hari hanya mampu menyelesaikan maksimal dua hektare. “Artinya, drone Sekar Agri mampu meningkatkan efisiensi mencapai 10 kali lipat,” terangnya.

Keunggulan lain Sekar Agri, yang sudah dikembangkan sejak 2019, adalah bisa beradaptasi dengan segala kontur tanah dan jarak tanaman. Sekar Agri memiliki alat kendali yang sudah dilengkapi dengan software data penyimpanan.

“Dengan demikian, mapping kerja bisa dilakukan berulang-ulang. Ketika akan melakukan penyemprotan lagi, petani tidak perlu repot membuat mapping kerja baru. Petani tinggal gunakan data yang sudah tersimpan,” tambah Ayun.

Frogs Indonesia mengembangkan teknologi drone di bidang pertanian karena ingin membantu dan mempermudah kerja petani. Terlebih, saat ini, tenaga kerja pertanian semakin berkurang. Karenanya, butuh pengembangan drone sprayer.

Harapannya, di samping membantu petani, Sekar Agri juga dapat menarik minat para pemuda Indonesia untuk terjun kembali ke dunia pertanian. Selama ini, menurutnya, kebanyakan petani di Indonesia sudah memasuki usia lanjut.

“Sekar Agri sudah beberapa kali diuji coba. Drone itu pernah dites di Kabupaten Bantul hingga Kabupaten Kulon Progo. Jenis tanaman yang disemprot beragam, termasuk jagung, tebu, kentang, semangka, hingga melon,” kata Ayun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved