Breaking News:

Jawa

Obyek Wisata di Klaten Tutup Selama Dua Hari, Ternyata ini Alasannya

Seluruh obyek wisata di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ditutup selama dua hari yakni mulai Rabu-Kamis (26-27/5/2021).

TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Sejumlah pengunjung menaiki kapal wisata di obyek wisata Rawa Jombor, Klaten beberapa waktu lalu 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Seluruh obyek wisata di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ditutup selama dua hari yakni mulai Rabu-Kamis (26-27/5/2021).

Penutupan seluruh obyek wisata secara mendadak itu ditenggarai karena adanya peningkatan kasus COVID-19 di Klaten.

Adapun surat pemberitahuan terkait penutupan obyek wisata di Klaten selama dua hari tersebut juga telah di keluarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten pada Selasa (25/5/2021), melalui surat bernomor 435/305/13 tentang penutupan sementara daerah tujuan wisata di Klaten.

"Iya benar untuk obyek wisata di Klaten kita tutup selama dua hari mulai hari ini dan besok," ujar Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekmito saat dikonfirmasi, Rabu (26/5/2021).

Baca juga: Update COVID-19 di Klaten 25 Mei 2021: Bertambah 40 Kasus, Pasien Sembuh 25 Orang

Diakui Ronny, penutupan obyek wisata di Klaten berdasarkan pesan lisan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang disampaikan kepada Bupati Klaten, Sri Mulyani.

Kemudian, lanjutnya, Pemkab Klaten menindaklanjuti dengan mengeluarkan surat pemberitahuan pada Selasa kemarin.

Penutupan obyek wisata tersebut, lanjutnya berlaku bagi semua pengelola obyek wisata baik itu wisata air, wisata alam, wisata religi hingga wisata budaya.

Ia pun menegaskan jika penutupan obyek wisata tersebut berkaitan erat dengan perkembangan kasus COVID-19 di Klaten secara khusus dan Jawa Tengah secara umum.

"Ada perintah Gubernur Jateng kepada Bupati, bahwa bagi daerah yang ada peningkatan kasus Covid maka semua obyek wisata ditutup selama 2 hari," ucapnya.

Baca juga: Warga Klaten Terpapar Covid-19 Terus Bertambah

Adapun untuk pembukaan obyek wisata lagi akan dilihat dari evaluasi perkembangan kasus COVID-19 di Klaten dalam dua hari ini.

"Nanti dilihat dulu tren kasus COVID-19 seperti apa, apakah meningkat atau menurun," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten, Sri Nugroho, juga membenarkan jika seluruh obyek wisata di daerah itu ditutup secara mendadak.

"Semua pengelola mematuhi intruksi gubernur dalam 2 hari menutup wisatanya dan saling kerjasama menjaga masyarakat demi aman dari wabah corona," ucap saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved