Breaking News:

Otomotif

Jangan Asal, Lepas Pasang Aki Ada Tahapannya

Tahapan penting yang harus diikuti adalah, lepas kabel pada kutub negatif terlebih dahulu.

net
Aki mobil 

TRIBUNJOGJA.COM - Melepas dan memasang aki/baterai mobil terlihat mudah. Tinggal melepas kabel dari masing-masing kutubnya, selesai. Namun, sejatinya tidak sesederhana itu. Ada tahapan yang lebih baik diikuti.

Pertama, pastikan kunci mobil dalam keadaan off (tidak aktif). Bila perlu, cabut kunci dari rumahnya. Kemudian buka kap mesin. Masing-masing jenis mobil memiliki kompartemen berbeda-beda untuk meletakkan akinya. 

Tahapan penting yang harus diikuti adalah, lepas kabel pada kutub negatif terlebih dahulu. Kutub negatif aki biasanya tersambung dengan kabel berwarna hitam dan bertanda minus (-). Setelah kabel (-) terlepas, barulah cabut kabel berwarna merah pada kutub positif (+).

Pastikan ujung kabel negatif dan positif tidak saling menyentuh untuk menghindari korsleting. Kondisi ini akan berakibat buruk pada mobil yang sudah menggunakan ECU. 

Sedangkan untuk memasang aki, urutannya berkebalikan dari saat melepasnya. Pasang kabel positif terlebih dahulu ke kutub aki, setelah itu barulah pasang kabel negatif. Jangan lupa kencangkan pengikat aki agar tidak goyang saat kendaraan berjalan. Selamat memraktikkannya. (*)

Penulis: Hendy Kurniawan
Editor: Hendy Kurniawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved