Breaking News:

Penyekatan Mudik 2021

Warga Somokaton Magelang Bagikan Nasi Kotak ke Pos-Pos Pemantauan Mudik

Aksi terpuji dari sekelompok warga di Desa Somokaton, Ngluwar, Kabupaten Magelang layak diberi apresiasi. Pasalnya, para warganya bersedia 

TRIBUNJOGJA/ Nanda Sagita Ginting
Pemberian nasi kotak oleh warga Somokaton, Ngluwar, Kabupaten Magelang di Pos Pemantauan Tugu Ireng, Salam, Kabupaten Magelang, Kamis (13/05/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Aksi terpuji dari sekelompok warga di Desa Somokaton, Ngluwar, Kabupaten Magelang layak diberi apresiasi. 

Pasalnya, para warganya bersedia  bergotong-royong masak bersama.Untuk dibagikan kepada para petugas penjaga di pos pemantauan yang tersebar di Kabupaten Magelang.

Perwakilan warga Somokaton, Irfan (65) mengatakan, kegiatan bersedekah dengan membagikan nasi beserta lauk-pauknya merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya.

Baca juga: 212 Napi Lapas Wirogunan Terima Remisi Khusus Hari Raya Idulfitri 2021

"Kami mulai membagikan nasi dua minggu sebelum lebaran hingga tiga hari setelah lebaran. Ini (bersedekah) memang program tahunan yang desa kami miliki. Semua makanan disiapkan bersama dengan warga setempat," jelasnya kepada Tribun Jogja, pada Kamis (13/05/2021).

Ia mengatakan, semua bahan makanan didapat  dari hasil sumbangsih para warga. 

Kegiatan tersebut, dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada petugas dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama masa lebaran.

"Bantuan diberikan karena memang sebagai rasa terima kasih,  kepada para  petugas yang harus menjaga dan mengawasi selama lebaran. Karena, hanya bantuan sederhana itu yang bisa kami berikan," terangnya.

Baca juga: Titik Penyekatan di Perbatasan Kulon Progo-Purworejo Terpantau Sepi

Adapun, setiap harinya warga Somokaton membagikan sekitar 70 nasi kotak yang disebar ke pos- pos-pos penjaga yang ada di wilayah Kabupaten Magelang.

Terkadang, warga setempat pun memberikan nasi kotak tersebut,  kepada kaum miskin dan duafa yang berada di pinggir jalan.

"Biasanya sehari bisa buat 70 nasi kotak. Tetapi, kalau misalnya ada yang menyumbang lebih , nasi kotaknya pun kami tambah jumlahnya. Nantinya, bisa dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan," pungkasnya. (ndg)

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved