Breaking News:

Lebaran 2021

212 Napi Lapas Wirogunan Terima Remisi Khusus Hari Raya Idulfitri 2021

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY, Budi Argap Situngkir menyerahkan langsung RK pada WBP di Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Wirogunan

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Joko Widiyarso
DOK. LAPAS WIROGUNAN
Pemberian remisi kepada 212 napi di Lapas Wirogunan, Kamis (13/5/2021) setelah Salat Idulfitri 1442 H 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas/Rutan/LPKA di DI Yogyakarta menerima pengurangan masa pidana atau hak Remisi Khusus (RK) Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY, Budi Argap Situngkir menyerahkan langsung RK pada WBP di Lapas Kelas IIA Yogyakarta, Wirogunan, Kamis (13/5/2021).

Dia mengatakan, pemberian RK merupakan wujud pemenuhan hak-hak WBP, serta untuk memotivasi WBP agar senantiasa berkelakuan dan mengikuti pembinaan di dalam Lapas dengan baik.

“Pemberian RK Idul Fitri ini merupakan wujud pemenuhan hak-hak WBP. Kita semua berharap, dengan terpenuhinya hak-hak tersebut dapat memotivasi WBP untuk selalu berkelakuan baik serta mengikuti proses pembinaan di dalam Lapas dengan baik pula,” jelas Budi.

Budi mengungkap, di tengah pandemi Covid-19, Kemenkumham tetap berusaha untuk memenuhi hak-hak WBP.

Satu di antaranya adalah dengan menyediakan layanan video call atau panggilan video sebagai pengganti kunjungan pada hari raya.

Diketahui, WBP Lapas Kelas IIA Yogyakarta berjumlah 328 orang, 212 diantaranya memperoleh remisi yang berkisar antara 15 hari sampai yang terbanyak mendapatkan dua bulan.

Ada satu dari WBP yang bebas tepat di Hari Raya Idulfitri 2021.

Sejumlah napi yang mendapat remisi tersebut merupakan napi yang telah memenuhi persyaratan.

Adapun persyaratannya, mereka telah menjalani masa tahanan selama minimal enam bulan, berkelakuan baik, dan melengkapi dokumen persyaratan lainnya.

Di pagi hari, WBP juga mengikuti Salat Idulfitri yang dipimpin oleh Sugeng Sarwono dari Kementerian Agama Kota Yogyakarta.

Dia juga didampingi oleh Arimin, Kepala Lapas Kelas IIA Yogyakarta. (ard)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved