Breaking News:

Penyekatan Mudik 2021

Polresta Magelang Persiapkan 533 Personel untuk Pengamanan Libur Lebaran

Para personel yang diterjunkan merupakan gabungan dari beberapa instansi terkait yang akan ditugaskan di pos-pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos te

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Polres Kota Magelang menerjunkan sebanyak 533 personel untuk melakukan pengamanan saat libur lebaran 2021 nanti.

Para personel yang diterjunkan merupakan gabungan dari beberapa instansi terkait yang akan ditugaskan di pos-pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu.

Plt Kapolres Magelang AKBP R Fidelis Purna Timoranto menuturkan, pengamanan akan disebar pada titik-titik yang merupakan jalur masuk ke Kota Magelang dan tempat ramai.

Baca juga: ITNY Jalin Kerjasama dengan PT Novita Persada Yogyakarta, Siapkan Lulusan yang Kompeten

"Kita dirikan 6 pos, diantaranya 2 pos sekat imbangan di simpang trio dan kebonpolo, dan 1 pos pantau sekat di Pakelan. Pos terpadu di terminal, pos pelayanan di Gardena, pos pengamanan di Shoping, termasuk di Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang," jelasnya Kamis (06/05/2021).

Fidel melanjutkan, titik prioritas di pos pelayanan sesuai instruksi Kapolri. Pelayanan yang dimaksud adalah cara mengendalikan persebaran Covid-19.

Misalnya di pos gardena secara simultan akan bersinggungan dengan pos shopping yang melayani dan mengamankan pusat kerumunan masyarakat.

Baca juga: Diduga Karena Korsleting Listrik, Dua Rumah Kayu Milik Warga Kokap Kulon Progo Terbakar

"Nanti kita akan lakukan patroli bersinggungan, dan 1 pos pantau untuk imbangan sekat dari arah Kabupaten Purworejo di Pakelan," imbuhnya.

Pihaknya juga akan mengecek administrasi pengendara bermotor terutama dari arah luar kota, dan apabila ditemukan pengendara yang tidak memiliki kelengkapan administrasi maka akan dites swab antigen dan GeNose C19. 

Pihaknya pun bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Magelang.

"Kita sudah laksanakan itu sejak 25 April 2021 di 3 titik, titik penyekatan dan di pos terpadu," jelasnya.

Baca juga: Info Prakiraan Cuaca BMKG DI Yogyakarta Hari Ini Kamis 6 Mei 2021, Ada Potensi Hujan di Wilayah Ini

Ia menegaskan, semua kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan akan dipantau. 

Pihaknya pun melarang kegiatan takbir keliling, termasuk prepegan (puncak keramaian masyarakat menyambut lebaran) dan shalat Idulfitri yang tidak menerapkan prokes.

"Kami melarang setiap kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Dan, terus mengimbau masyarakat agar selalu patuh dalam menerapkan prokes," urainya. (ndg)

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved