Breaking News:

WP KPK Akhirnya Berkomentar Soal TWK : Bisa Singkirkan Pegawai KPK yang Berintegritas

WP KPK Akhirnya Berkomentar Soal TWK : Bisa Singkirkan Pegawai KPK yang Berintegritas

Editor: Hari Susmayanti
KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D
Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (7/2/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya turut buka suara terkait dengan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

TWK ini merupakan bagian dari alih status kepegawaian KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Menurut WP KPK, tes tersebut merupakan bentuk pelemahan KPK.

Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo Harahap mengungkapkanTWK ini bisa menyingkirkan pegawai KPK yang memiliki integritas dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Tes ini dapat berfungsi untuk menjadi filter menyingkirkan pegawai KPK yang berintegritas, profesional serta memiliki posisi strategis dalam penanganan kasus-kasus besar di KPK,” kata Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo Harahap dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (5/5/2021).

Yudi mangatakan, TWK juga berpotensi menjadi sarana legitimasi untuk menyingkirkan pegawai-pegawai yang menangani kasus strategis atau menempati posisi strategis.

Sikap Wadah KPK mengenai TWK, kata dia, sudah tertuang jelas dalam surat yang dikirimkan kepada pimpinan KPK pada tanggal 4 Maret 2021 Nomor 841 /WP/A/3/2021 dan penjelasan dalam berbagai forum.

TWK, yang menjadi ukuran baru untuk lulus maupun tidak lulus, menurut Yudi melanggar 28 D Ayat (2) UUD 1945 mengenai jaminan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja.

Tak hanya itu, di dalam Undang-Undang tentang KPK maupun Peraturan Pemerintah Nomor 14 tahun 2020 tentang Tata Cara Pengangkatan Ketua dan Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi pun terkait pelaksanan alih status tidak mensyaratkan adanya TWK.

Baca juga: Penyuap Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara Divonis 4 Tahun Penjara

Baca juga: Wakil Ketua KPK : 75 Orang Pegawai KPK Tidak Lolos TWK

“TWK baru muncul dalam peraturan komisi nomor 1 tahun 2021 yang bahkan dalam rapat pembahasan bersama tidak dimunculkan,” kata Yudi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved