Breaking News:

Menpora Buka Rakernas ISORI di UNY, Ingin Sarjana Olahraga Turut Bangun Negeri

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali menyambangi Yogyakarta, membuka rapat kerja nasional (rakernas) Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia

TRIBUNJOGJA/ Taufiq Syarifudin
Menpora Zainudin Amali buka rakernas ISORI di UNY, Kamis (29/4/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali menyambangi Yogyakarta, membuka rapat kerja nasional (rakernas) Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (ISORI) yang bertepatan dengan ulang tahun ke-52, di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Kamis (29/4/2021).

Pria berdarah asli Gorontalo ini mengungkapkan kegelisahannya soal lulusan/sarjana jurusan olahraga di Indonesia masih termarjinalkan dari lulusan jurusan lainnya.

Selain itu olahraga di masyarakat Indonesia dianggap bukan sesuatu hal yang utama, padahal bagi Amali, olahraga merupakan salah satu bentuk sebagai pembangunan bangsa.

Baca juga: Pemkab Magelang Pastikan Stok dan Harga Bahan Pokok Saat Lebaran Stabil

Ketika masyakat rajin berolahraga, maka kesehatan dari setiap orangnya jadi meningkat. Hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap mentalitas serta pola hidup masyarakat.

Artinya eksistensi sebagai lulusan olahraga belum begitu kentara atau di rasakan di tengah-tengah masyarakat.

"Di Indonesia, olahraga bukan suatu hal yang utama. Hanya pada pandemi ini orang-orang peduli dengan olahraga, alasannya untuk meningkatkan imun. Nah di sini kesempatan bagi sarjana olahraga untuk menjaga supaya masyarakat tetap kosisten dalam berolahraga," ujarnya di hadapan peserta Rakernas yang diadakan secara luring dan daring.

Amali juga ingin supaya lulusan olahraga sebagai media untuk masyarakat yang membagikan edukasi dalam hal menjaga kebugara. Hingga masyarakat menganggap bahwa hidup butuh olahraga.

"Kalau sudah begitu, value sebagai sarjana olahraga akan terlihat," jelasnya.

Dari sana, Amali bercita-cita meningkatkan eksistensi lulusan olahraga melalui ISORI sebagai terobosan untuk menciptakan kader yang banga akan latar belakangnya.

"Karena jika para lulusan olahraga sudah bangga dan percaya diri dengan latar belakangnya, maka akan lahir sebuah kreatifitas dan inovasi," kata Amali.

Baca juga: Peringati Hardiknas 2021, Pekan Pendidikan Jogja ke-4 Kembali Digulirkan

Harapannya pada peringatan ulang tahun ISORI ke-52 itu ialah menjadikan momen hari ini sebagai awal kebangkitan untuk menunjukan eksistensi ISORI yang tidak kalah dengan ikatan sarjana jurusan lain.

"Saya ingin ISORI dapat sejajar dengan ikatan kesarjanaan lainnya, seperti kedokteran, arsitektur, insinyur dan lainnya," paparnya. (tsf)

Penulis: Taufiq Syarifudin
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved