Breaking News:

Program Studi Doktor Politik Islam-Ilmu Politik UMY Raih Predikat Unggul

Program Studi (Prodi) Doktor Politik Islam-Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil meningkatkan status pemeringkatan

dok.istimewa
ilustrasi berita pendidikan 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Program Studi (Prodi) Doktor Politik Islam-Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil meningkatkan status pemeringkatan dari Akreditasi “A” menjadi Unggul (Excellent) pada tahun 2021.

Prestasi ini menunjukkan bahwa budaya yang dibangun di lingkungan prodi telah memenuhi bahkan melebihi standar kerja yang ditetapkan khususnya dari Dikti dan standar internasional.

Ketua Program Studi Doktor Ilmu Politik-Politik Islam, Zuly Qodir menjelaskan sebagai prodi jenjang doktor ilmu politik pertama yang mencapai akreditasi unggul, prodi Politik Islam-Ilmu Politik telah menerapkan ukuran yang melebihi standar nasional (Dikti).

Baca juga: Cegah Penggelapan Motor Sewaan, Ada RMI Protection yang Berisi Database Komplotan Penyelundup

"Seperti jumlah guru besar di atas 75%, jumlah publikasi di jurnal bereputasi internasional mencapai 1,3 publikasi/mhs/tahun dan 2 publikasi/dosen/tahun," jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima Tribun Jogja, Rabu (28/4/2021).

Selain itu, prodi ini juga telah berhasil melaksanakan sistem penjaminan mutu internal dengan menerapkan standar mutu di atas standard nasional.

Dari 24 standar Nasional (Dikti), Prodi berhasil melampui ukuran standar yang ditentukan dengan 14 standar.

"Capaian ini merupakan wujud nyata dari komitmen bersama dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas dalam berbagai aspek," ujar Zuly.

Sejak didirikan tahun 2006 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI No.Dj.II/451/2006 lalu dan 10 tahun setelah itu, pada tahun 2016 Program Studi Doktor Politik Islam mendapatkan SK BAN-PT No. 0104/SK/BAN-PT/Akred/D/III/2016 dengan nilai akreditasi A.

Kemudian pada tahun 2021, prodi Politik Islam-Ilmu Politik kembali mempertahankan akreditasi “A” dan berhasil mengkonversi akreditasi menjadi “Unggul”.

"Hal ini tentu menjadikan prodi Politik Islam-Ilmu Politik sebagai satu-satunya program studi doktor Politik Islam di Indonesia yang memperoleh nilai akreditasi “Unggul” saat ini," ucapnya.

Halaman
12
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved