Breaking News:

Ramadhan 1442 H

Peristiwa Istimewa di Bulan Ramadhan: Nuzulul Quran, Berikut Keutamaannya

Pada bulan ramadhan terjadi malam yang paling istimewa bagi umat muslim yaitu malam Lailatul Qadar dan Nuzulul Quran.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
freepik
ilustrasi baca Al Quran 

TRIBUNJOGJA.COM - Malam Nuzulul Quran adalah malam yang penting bagi umat muslim di bulan Ramadhan.

Pada malam Nuzulul Quran Allah menurunkan Al-Quran seluruhnya dari Lauh mahfudh ke langit dunia. 

Turunnya wahyu Al-Qur'an yang pertama kepada Nabi Muhammad ini terjadi saat Rasullah berada di Gua Hira.

Malaikat Jibril membawa wahyu pertama kali yakni Al Qur'an surat Al Alaq ayat 1-5.

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ. خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ. اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ. الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ. عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

Artinya: "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya." (QS. Al Alaq: 1-5).

Masyarakat muslim mengadakan peringatan malam Nuzulul Quran ini pada 17 Ramadan.

Berikut lima keutamaan malam Nuzulul Quran dikutip dari beberapa sumber:

1. Lebih baik dari seribu bulan. Hal ini sesuai dengan firman allah SWT. “malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan” (QS.Al-Qadr : 3 ) Disebut lebih baik maksudnya adalah amalan dan ibadah yang kita lakukan selama satu malam dimalam nuzulul qur’an lebih baik dari amalan yang dilakukan selama seribu bulan.

2. Diampuninya dosa seseorang yang menghidupkan malam Nuzulul Qur’an. Bagaikan bayi baru lahir ke dunia, seseorang yang menghidupkan malam nuzulul Qur’an akan diampuni dosanya yang telah lalu. Hal ini sesuai dengan hadits nabi. مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِه. Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”(HR. Bukhari).

3. Malam Penuh Keberkahan. Malam Nuzulul Quran juga menjadi salah satu malam yang penuh keberkahan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT. “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi.” (QS. Al-Dukhan : 3) Disebut sebagai malam penuh berkah adalah karena di salah satu malam di bulan Ramadan, al-Quran diturunkan ke bumi dan malam tersebut menjadi malam yang penuh dengan keberkahan.

4. Banyaknya Malaikat Yang Turun Ke Bumi. Keberkahan malam Nuzulul Qur’an juga ditandai dengan banyak nya malaikat yang turun ke bumi termasuk malaikat jibril.

5. Malam Dimana Takdir Tahunan Dicatat. “Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Al-Dukhan : 4). Urusan yang dimaksud di sini meliputi rezeki, hidup, mati, untung, dan sebagainya. Jika pada malam Nuzulul Quran kita bisa menghidupkannya sepanjang malam, dijamin kita bukan hanya mendapatkan keberkahan sepanjang tahun tetapi juga takdir baik. Insya Allah. Itulah tadi keutamaan malam Nuzulul Quran jika kita bisa menghidupkannya di bulan Ramadan ini. Semoga kita bisa menjadi salah satu umat yang beruntung yang dapat menikmati malam Nuzulul Quran.

(MG - Desi Tri Astuti)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved