Breaking News:

Sebanyak 11.792 Pelaku UMKM di Klaten Ajukan BPUM ke Disdagkop dan UKM

Belasan ribu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Klaten mengajukan diri sebagai penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) 2021.

TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
Penampakan papan pengumuman penutupan pendaftaran BPUM 2021 di Disdagkop dan UKM Klaten, Jumat (23/4/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Belasan ribu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Klaten mengajukan diri sebagai penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) 2021.

Sebanyak 11.792 para pelaku UMKM itu mendaftarkan permohonan kepada Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Klaten.

Adapun untuk pendaftaran BPUM 2021 tersebut telah resmi ditutup pada Kamis (22/4/2021) sekitar pukul 14.00.

Baca juga: Kurangi Kerumunan Pemohon SIM, Polresta Yogyakarta Luncurkan Program Dolan Jogja

"Sejak awal dibuka sampai ditutup kemarin, ada 11.792 pelaku UMKM di Klaten yang mendaftarkan diri untuk menerima BPUM," ujar Kasi Pemberdayaan UKM, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop dan UKM) Klaten, Etik Purwantari pada Tribun Jogja, Jumat (23/4/2021).

Menurut Etik, setelah menerima belasan ribu berkas dari pelaku UMKM tersebut, selanjutnya pihaknya melakukan pendataan berkas-berkas tersebut.

Nantinya setelah berkas didata, lalu bakal dikirim ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Selanjutnya berkas itu kan kita bersihkan dulu, didata ulang karena ada pelaku UMKM yang kurang teliti mengisi berkasnya. Nanti kalau sudah selesai kita kirim ke provinsi dan provinsi melakukan pendataan lagi sebelum di ajukan ke kementerian terkait," jelasnya.

Diakui Etik, pihaknya tidak bisa memberikan gambaran dari jumlah 11.792 pelaku UMKM yang mengajukan permohonan tersebut, berapa banyak yang akan menerima bantuan BPUM senilai Rp1,2 juta itu.

"Kalau soal berapa kuota yang menerima di Klaten itu ranahnya pusat. Sebab pusat yang menentukan, kita di Klaten hanya menerima berkas dan melakukan pembersihan data," jelasnya.

Disinggung apakah ada pembukaan BPUM 2021 tahap kedua, Etik mengaku belum bisa memastikan, sebab itu semua merupakan kebijakan Pemerintah Pusat.

"Belum tahu apakah ada perpanjangan atau dibuka tahap kedua. Kita hanya menunggu instruksi pusat ya," ucapnya.

Baca juga: ASPD Bagi Siswa Kelas VI SD di Kulon Progo Bakal Diselenggarakan pada Akhir Mei 2021

Pantauan Tribun Jogja di loket pendaftaran BPUM 2021 di Disdagkop dan UKM Klaten yang berada di Jalan Pemuda sekitar pukul 10.30, tampak loket pendaftaran tutup.

Di loket pendaftaran juga tertulis pengumuman "Pendaftaran BPUM Telah ditutup". (Mur)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved