Breaking News:

Geliatkan Ekonomi, Bupati Kustini Sri Purnomo Minta ASN 'Borong Bareng' Produk UMKM Sleman 

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mendorong kepada aparatur sipil negara (ASN), pegawai BUMD, kapanewon sampai tingkat Kalurahan, untuk berbelanja

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Ahmad Syarifudin
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat meninjau produk UMKM yang difasilitasi di Galeri Upakarti, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman, Rabu (21/4/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mendorong kepada aparatur sipil negara (ASN), pegawai BUMD, kapanewon sampai tingkat Kalurahan, untuk berbelanja produk UMKM Kabupaten Sleman.

Harapannya, dengan gerakan 'borong bareng' yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) nomor 510/00965 itu maka dapat menggeliatkan roda perekonomian warga. Terutama pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang selama ini terdampak pandemi. 

Baca juga: PSS Sleman Sampaikan Duka Cita Mendalam Atas Meninggalnya Listianto Bejo Raharjo

"Saya mengharap ASN bisa borong bareng UMKM di Kabupaten Sleman. Karena dilihat dari penampilan dan rasa, produknya tidak diragukan," kata Kustini, saat meninjau galeri upakarti, di kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, Rabu (21/4/2021). 

Selama ramadan, galeri upakarti memang digunakan untuk memfasilitasi dan membantu para pelaku UMKM yang ada di Sleman untuk memasarkan beragam produknya.

Saat ini, total ada lebih dari 200 produk yang jajakan. Mulai dari baju, makanan hingga minuman. Semua produk umumnya berkaitan dengan ramadan dan lebaran.

Kustini mengatakan semangat borong bareng yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) tersebut merupakan upaya untuk mempromosikan dan memasarkan produk UMKM Sleman dalam upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19. 

"Silahkan borong produk UMKM di Kabupaten Sleman. Salah satunya bisa mampir di Galeri Upakarti Dinas Perindag Kabupaten Sleman yang saat ini sedang ada Ramadhan Great Sale," tuturnya. 

Baca juga: Penjelasan Pakar, Efek Jika Jadi Korban Tagging Facebook yang Sedang Viral

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, RR Mae Rusmi mengatakan, ramadan great sale di galeri upakarti sudah dibuka sejak awal bulan puasa.

Menurutnya, semenjak ada surat edaran dari Bupati Sleman agar ASN berbelanja produk lokal, antusias pegawai hingga masyarakat cukup luar biasa. Produk UMKM yang dijajakan sudah banyak yang laku terjual. 

"Sudah laku cukup banyak. Bahkan kemudian ada yang melakukan pemesanan cukup besar," kata Mae.

Selain di galeri upakarti, menurutnya pegawai Kapanewon bisa juga berbelanja di masing-masing lingkungan Kapanewon. Sebab, di sana juga sudah ada UMKM yang tergabung forum komunikasi UMKM. (rif)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved