Breaking News:

Cerita Diana Fitrianingsih, Semangat Puasa Ramadan 17 Jam di Jerman Selama Pandemi

Seperti Diana Fitrianingsih, perempuan 24 tahun ini tengah berada di Berlin, Jerman untuk merampungkan studinya. Diana, sapaan akrabnya, harus

Penulis: Amalia Nurul F | Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Diana Fitrianingsih semangat puasa 17 jam di Jerman 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menjalankan ibadah Ramadan di masa pandemi menjadi tantangan yang dialami sebagian besar orang. Terlebih bagi mereka yang berada di rantau dan jauh dari keluarga.

Seperti Diana Fitrianingsih, perempuan 24 tahun ini tengah berada di Berlin, Jerman untuk merampungkan studinya. Diana, sapaan akrabnya, harus beradaptasi dengan hal baru selama Ramadan di masa pandemi.

"Kesan Ramadan selama pandemi di rantau, sebenarnya sama. Karena di rantau walaupun enggak pandemi juga harus jauh dari keluarga," kata Diana yang pernah mengenyam pendidikan tinggi di Yogyakarta.

Baca juga: Pakar UGM: Benteng Utama agar Tidak Terpapar Paham Terorisme adalah Keluarga

"Bedanya saat pandemi jadi enggak bisa buka bersama bareng teman, nggak bisa ngabuburit, cari takjil. Apalagi sekarang rantauku lebih jauh lagi yaitu di Jerman dan harus puasa 16-17 jam sambil kerja," ungkapnya, Rabu (14/4/2021).

Berpuasa selama 16-17 jam menjadi tantangan bagi Diana.

"Itu cukup lumayan buat menahan haus. Tapi semoga bisa sebulan ke depan, karena ini baru pertama," tutur perempuan yang hobi minum teh ini.

Diana mengaku antusias menjalankan ibadah Ramadan tahun ini.

"Aku cukup excited, bukan yang mengeluh gitu. Jadi kayaknya ketika Ramadan di sini, pandemi atau enggak sama saja. karena memang di sini enggak ada kegiatan yang Ramadan banget," kata perempuan kelahiran Semarang ini.

Ia juga mengaku kangen dengan suasana Ramadan di Yogyakarta. Diana sempat mengenyam pendidikan di Jogja Film Academy selama 3 tahun.

"Kalau yang dikangeni dari Yogya pas Ramadan itu cari takjil, terus bukber, nugas sambil nunggu sahur kangen banget. apalagi banyak kuliner di Yogya yang nggak mungkin nggak bikin kangen," kata dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved