Breaking News:

Ramadhan 1442 Hijriah

Memasuki Bulan Suci Ramadhan 1442 H, Inilah beberapa Sunnah yang dapat Dilakukan Umat Muslim

Bulan penuh berkah yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim kini telah tiba. Umat muslim di berbagai penjuru dunia tentu mulai mempersiapkan diri baik ja

Memasuki Bulan Suci Ramadhan 1442 H, Inilah beberapa Sunnah yang dapat Dilakukan Umat Muslim
hype.grid.id
Bulan Suci Ramadhan 2021

TRIBUNJOGJA.COM – Bulan penuh berkah yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim kini telah tiba. Umat muslim di berbagai penjuru dunia tentu mulai mempersiapkan diri baik jasmani maupun rohaninya dalam menyambut bulan Suci Ramadhan 1442 H ini.

Bagi umat muslim, sudah menjadi hukum yang wajib dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Berbagai manfaat pastinya akan dirasakan oleh umat muslim, terlebih ketika ingin lebih mendekatkan dirinya terhadap Allah.

Tentu sudah tidak asing lagi bagi umat islam, bahwasanya ketika memasuki bulan suci penuh berkah ini seluruh umat muslim sangat perlu menjalankan ibadah sunnah. Adapun menurut keyakinan umat muslim, di bulan suci Ramadhan ini seluruh pahala amal ibadah mereka akan dilipatgandakan.

Oleh karenanya, barang siapa yang melaksanakan ibadah sholat sunnah yang didasari oleh Iman dan Ihtisab, maka Allah akan mengampuni segala dosa-dosa mereka yang telah lalu.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut terdapat sunnah yang bisa dilaksanakan di bulan Ramadhan, diantaranya ialah sunnah qauliyah dan fi'liyah berikut sunnah tersebut :

1. Bersahur

Dari Anas bin Malik radhiallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'laihi wa sallam bersabda: "Bersahurlah kalian, karena pada santap sahur itu ada keberkahan." (HR Al-Bukhari No. 1923, Muslim No. 1095)

Rasulullah SAW juga bersabda:

السَّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ، فَلَا تَدَعُوهُ، وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جُرْعَةً مِنْ مَاءٍ، فَإِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

"Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah 'Azza wa Jalla dan para malaikat mendoakan orang yang makan sahur. (HR. Ahmad dari Dari Abu Sa'id Al Khudri radhiallahu 'anhu)

Halaman
1234
Penulis: Tribun Jogja
Editor: Yoseph Hary W
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved