Breaking News:

Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Sortir Jambu Biji Berbasis Artificial Intelligence

Alat ciptaan mahasiswa UNY ini dinamakan Aisogu, dan berfungsi sebagai sarana untuk menyortir jambu biji berbasis artificial intelligence.

dok.istimewa
Alat Sortir jambu biji berbasis Artificial Intelligence ciptaan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Jambu biji menjadi salah satu penghasilan terbesar Kabupaten Kendal khususnya Kecamatan Sukorejo, dengan luas hampir 2.000 hektar tanaman jambu biji.

Untuk membedakan kualitas jambu biji yang baik dan berkualitas, para petani melakukan penyortiran terlebih dahulu sebelum pengemasan dan pendistribusian.

Namun, metode ini memiliki kelemahan jika dilakukan penyortiran secara manual.

Beberapa orang memiliki persepsi tingkat kematangan buah yang berbeda-beda, sehingga sering tercampur aduk antara buah yang memiliki nilai jual tinggi dengan buah yang memiliki nilai jual rendah.

Dari sinilah, sekelompok mahasiswa UNY membuat inovasi rancangan alat sortir jambu otomatis menggunakan teknologi yang dapat mengenali warna, seperti sensor TCS3200.

Mereka adalah Fardiansyah Nur Aziz dan Utami Nur Melyasari dari Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika serta Puput Putri Witadiana dari Program Studi Pendidikan Kimia.

Menurut Fardiansyah Nur Aziz, alat ini dinamakan Aisogu sebagai sarana untuk menyortir jambu biji berbasis artificial intelligence.

“Teknologi sensor TCS3200 apabila dikombinasikan dapat mengenali warna pada masing-masing buah jambu yang dikontrol menggunakan Arduino Uno,” kata Fardiansyah.

Arduino Uno akan membaca warna pada kulit pada buah jambu dengan Fuzzy Logic Controller Artificial Intelligence, setelah itu dapat membuat keputusan sendiri berdasar nilai input yang telah didapat.

Halaman
12
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved