Breaking News:

Kapolri Gagas SIM Elektronik yang Bisa Diakses dari Ponsel

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggagas rencana pelayanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) teknologi informasi

Dok. Tribunnews
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggagas rencana pelayanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) yang mengedepankan teknologi informasi.

Selain pembuatan dan perpanjangan SIM secara online, ke depannya juga akan ada pelayanan SIM yang lebih canggih.

”Ke depan kami akan mengembangkan program-program kepolisian khususnya dalam lalu lintas dengan berbasis teknologi informasi,” kata Jenderal Sigit dalam sambutannya saat peluncuran sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Tahap I, Selasa (23/3/2021).

Sigit mengatakan, pelayanan yang mengedepankan teknologi informasi itu antara lain perpanjangan SIM, pelayanan STNK, hingga SKCK secara online.

Dengan pelayanan baru itu, masyarakat nantinya tinggal mendaftar secara online melalui aplikasi khusus untuk mengurus dokumen tersebut.

Sampai saat ini uji teori dan praktik untuk mendapatkan SIM hanya bisa dilakukan di tempat pengajuan permohonan pembuatan SIM.

Ke depannya hal itu bakal berubah. Sigit mengungkapkan wacana ke depan pemohon SIM bisa membuat SIM di gerai-gerai yang ada di mal dengan mengikuti ujian praktik menggunakan simulator.

"Khusus untuk SIM setelah lulus teori dengan ujian dengan aplikasi yang kita siapkan baru nanti ujian praktiknya datang ke kantor-kantor polisi pelayanan lalu lintas terdekat.

"Ke depan, kita akan geser pelan-pelan dengan memanfaatkan teknologi simulasi yang tentunya akan kami sesuaikan dengan kondisi terkini sehingga masyarakat kemudian bisa terlayani. Tidak usah datang ke kepolisian, cukup mampir ke mal, jalan-jalan di situ ada gerai kemudian coba seperti main game begitu," katanya.

Tak hanya itu, output SIM pun diwacanakan bisa berupa SIM elektronik yang terintegrasi dengan gadget.

Halaman
123
Penulis: Tribun Jogja
Editor: Iwan Al Khasni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved