Kabupaten Kulon Progo

2 Warga Magelang Nyaris Jadi Korban Laka Laut di Muara Sungai Bogowonto Pantai Congot Kulon Progo

Dua warga Magelang nyaris menjadi korban laka laut di Muara Sungai Bogowonto di area Pantai Congot, Kabupaten Kulon Progo pada Selasa (23/3/2021).

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Evakuasi korban yang nyaris terseret ombak di Muara Sungai Bogowonto Pantai Congot, Kabupaten Kulon Progo pada Selasa (23/3/2021) pagi. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Dua orang warga Magelang nyaris menjadi korban laka laut di Muara Sungai Bogowonto di area Pantai Congot, Kabupaten Kulon Progo pada Selasa (23/3/2021) sekitar pukul 07.30 WIB. 

Beruntung nyawa kedua korban berhasil diselamatkan. 

Koordinator SRI Wilayah V Glagah, Aris Widiatmoko mengatakan kejadian bermula ketika satu keluarga dari Magelang itu tiba di Pantai Congot untuk memancing. 

Sementara ayahnya, Nurul Huda (35) menyiapkan alat pancing dan kedua anaknya yakni Sabrina (11) dan Sania (10) sudah bermain air. 

Baca juga: KRONOLOGI Bocah Bekasi Jadi Korban Tenggelam di Muara Sungai Serang Pantai Glagah Kulon Progo

Namun tiba-tiba korban, Sania terseret ombak ke tengah. 

Begitu melihat anaknya terseret ombak, ibunya Turiyah (38) bermaksud menolong anaknya tersebut. 

Namun ia juga ikut terseret arus hingga ke tengah. 

Melihat hal itu, tim gabungan yang terdiri dari TNI AL, Basarnas, Polri, Satlinmas Rescue Istimewa dan PMI Kulon Progo yang berada di lokasi kejadian melakukan evakuasi terhadap kedua korban tersebut. 

"Anggota TNI AL yang berada di tidak jauh dari TKP langsung melakukan pertolongan dibantu warga sekitar untuk dibawa di Pos AL Congot," ucapnya, Selasa (23/3/2021). 

Selanjutnya, kata Aris anggota Basarnas dan Satlinmas Rescue Istimewa melakukan pertolongan pertama dengan membawa korban ke Puskesmas Temon 2 untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. 

"Tapi beruntung keduanya tidak apa-apa," kata Aris. 

Baca juga: Seorang Pegowes di Kulon Progo Tewas Karena Kelelahan

Dengan adanya tragedi laka laut tersebut, ia mengimbau kepada wisatawan yang membawa putra dan putrinya berkunjung ke pantai selatan di Kulon Progo untuk selalu diawasi jangan dibiarkan bermain sendirian terutama di muara tempat bertemunya air laut dan sungai karena cukup berbahaya.

Dikarenakan gelombang pasang bisa terjadi secara tiba-tiba. 

Sebab belakangan terakhir ini, lokasi yang paling sering terjadi laka laut berada di sekitar muara. 

"Kami mengimbau untuk para wisatawan yang sedang berkunjung untuk mengawasi anak-anaknya karena cukup berbahaya. Selain itu, kami juga mengalami keterbatasan personil dalam melakukan pengawasan secara intensif," tambahnya. 

Terlebih kata dia, pada Minggu (21/3/2021) kemarin laka laut juga terjadi di Muara Sungai Serang yang berada di Pantai Glagah hingga menelan seorang korban jiwa. ( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved