Breaking News:

Yogyakarta

Dispertaru DIY Belum Dapat Jawaban dari Pusat Atas Persoalan Trase Tol Solo-Yogyakarta-YIA

Pemda DIY belum dapat jawaban final pasca pembahasan dengan pemerintah pusat, perkara polemik penentuan trase tol seksi III Solo-Yogyakarta-YIA.

Tribun Jogja/ Kurniatul Hidayah
Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY, Krido Suprayitno 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih belum mendapatkan jawaban final pasca pembahasan dengan pemerintah pusat, perkara polemik penentuan trase tol seksi III Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo.

Seperti diberitakan Tribunjogja.com sebelumnya, polemik trase jalan tol yang dimaksud yakni berada di Desa Mlangi, Kelurahan Nogotirto, Gamping, Kabupaten Sleman.

Sebagian pemilik yayasan pondok pesantren kurang setuju dengan trase yang saat ini ditentukan pemerintah dalam pembangunan jalan tol tersebut.

Sementara anggota legislatif dari DPRD DIY memiliki alasan lain atas penolakan trase tersebut yakni Desa Mlangi merupakan kawasan cagar budaya yang patut dilindungi. 

Baca juga: Siap-siap, 3 Padukuhan di Purwomartani Gantian Terima Ganti Untung Tol Yogyakarta-Solo Bulan Depan

Merespon hal itu, Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY Krido Suprayitno sampai saat dihubungi Tribunjogja.com, hingga kini belum mendapat kepastian terkait trase mana yang nantinya akan digunakan jalan tol khusus di Desa Mlangi itu.

"Kami belum dapat jawaban yang final. Memang kemarin sudah sempat dibahas bersama pemerintah pusat, tapi belum final," katanya, Senin (22/3/2021)

Adanya penggantian trase tol tersebut, menurut Krido memakan biaya dan waktu yang cukup banyak.

Secara prinsip, Krido berharap polemik penentuan trase tol di Desa Mlangi segera mendapat hasil final.

"Karena sudah memakan waktu yang lama. Ya ada tambahan biaya juga, tapi belum dihitung secara final, nanti saja," pungkasnya.( Tribunjogja.com )

Penulis: Miftahul Huda
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved