Breaking News:

Sidang Online Terkendala Audio, Majelis Hakim Minta JPU Hadirkan Rizieq Shihab Secara Langsung

Majelis hakim meminta JPU menghadirkan secara langsung Rizieq Shihab di sidang pembacaan dakwaan yang akan digelar Jumat mendatang

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kuasa hukum Rizieq Shihab, Alamsyah Hanafiah saat memberi keterangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Sidang perdana kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan dengan terdakwa Rizieq Shihab yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Selasa (16/3/2021) dengan agenda pembacaan dakwaan ditunda.

Sidang yang digelar secara online tersebut diwarnai dengan permasalahan teknis yakni audio, dimana Rizieq Shihab yang menjalani sidang dari rutan Bareskrim tidak mendengar suara dengan baik.

Setelah dua kali diperbaiki oleh teknisi audio tetap bermasalah, majelis hakim akhirnya memutuskan untuk menunda sidang hingga Jumat (19/3/2021) mendatang.

Tak hanya itu, majelis hakim juga meminta Rizieq Shihab dihadirkan langsung di ruang sidang.

Kuasa hukum Rizieq Shihab, Alamsyah Hanafiah mengatakan keputusan ini disampaikan Majelis Hakim saat menyatakan sidang pembacaan dakwaan ditunda hingga Jumat (19/3/2021).

"Sidangnya ditunda. Hari Jumat, tadi hakim memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menghadirkan terdakwa hadir di sidang. Itu perintah hakim tadi," kata Alamsyah di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021).

Alasannya karena saat sidang pembacaan dakwaan yang dimulai sekira pukul 09.38 WIB tadi dibatalkan karena masalah koneksi internet yang mengakibatkan suara JPU tidak terdengar Rizieq.

Baca juga: Sidang Perdana Rizieq Shihab Terkendala Masalah Teknis, Ini Permintaan Penasehat Hukum

Baca juga: Kasus Unlawful Killing 6 Laskar Pengawal Rizieq Shihab, Tiga Personel Polda Metro Jaya jadi Terlapor

Sebelum menyatakan sidang ditunda, Majelis Hakim sempat menyatakan sidang ditunda beberapa saat guna memberi waktu memperbaiki masalah koneksi agar Rizieq mendengar dakwaan JPU.

"Kemudian diskors lagi yang kedua, perbaikan lagi. Ternyata perbaikan kedua pun masih gagal juga. Akhirnya Majelis Hakim berkesimpulan menunda sidang. Agar Jaksa menghadirkan terdakwa di persidangan," ujarnya.

Alamsyah menuturkan pihaknya mengapresiasi keputusan yang meminta JPU menghadirkan Rizieq secara langsung karena sebelumnya sudah berniat meminta agar kliennya dihadirkan.

Pihaknya pun sudah mematikan bakal mengajukan eksepsi atau keberatan atas dakwaan JPU terhadap eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu sesaat setelah dakwaan dibacakan.

"Eksepsi kita intinya surat dakwaan JPU batal demi hukum. Tentang surat dakwaan pertama terhadap lima orang terdakwa lain. Karena dakwaan pertama itu materinya aneh," tuturnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Pengadilan Negeri Jakarta Timur Minta JPU Hadirkan Rizieq Shihab Langsung Saat Sidang

Editor: Hari Susmayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved