Breaking News:

Bank Indonesia DI Yogyakarta Tinjau Kebijakan DP 0 persen pada Perumahan dan Kendaraan Mobil

Penerapan kebijakan relaksasi Down Payment (DP) nol persen atau PPnBM pada sektor perumahan dan kendaraan mobil telah berlangsung sejak awal Maret

glynniscoxrealtor.com
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Penerapan kebijakan relaksasi Down Payment (DP) nol persen atau PPnBM pada sektor perumahan dan kendaraan mobil telah berlangsung sejak awal Maret lalu.

Dalam pelaksanaannya, Bank Indonesia (BI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terus meninjau perkembangannya.

Deputi Kepala Perwakilan BI DIY, Miyono menuturkan, perlu peninjauan secara runtun agar kebijakan relaksasi PPnBM bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Pengangguran Terbuka di Sleman Meningkat Selama Pandemi Covid-19

"Sejauh ini, dari tinjauan kami memang masih ada beberapa kendala dalam kebijakan tersebut. Masih ada masyarakat yang merasa dengan DP 0 persen malahan memberatkan pada pembayaran cicilan membuat masyarakat menjadi enggan untuk memanfaatkanya, tentu ini akan menjadi evaluasi juga ke depannya," jelasnya kepada Tribun Jogja, pada Senin (15/03/2021).

Ia menambahkan,dipilihnya sektor properti dan otomotif karena memiliki keterkaitan yang banyak dengan sektor industri lainnya.

Sehingga, akan memberikan multiplier effect yang akan menjadi dorongan untuk pemulihan ekonomi.

"Memang sektor properti dan otomotif ini memiliki pasar yang juga luas. Misalnya, untuk perumahan ketika daya belinya naik pasti banyak industri yang akan bergerak mulai dari semen hingga batu bata. Begitupun dengan otomotif akan mengalami hal yang sama. Dengan begitu, daya konsumsi naik maka pergerakan ekonomi akan berputar," terangnya. 

Pihaknya pun, tetap mendorong masyarakat maupun perbankan untuk memanfaatkan fasilitas stimulus yang diberikan pemerintah.

Terutama kalangan atas yang memiliki modal besar untuk membelanjakan uangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved