Breaking News:

Tingkatkan Literasi Digital, Bukalapak dan Microsoft Luncurkan Pelatihan Digital bagi UMKM

Melalui program Belajar Digital Bareng Bukalapak | Microsoft, pelaku UMKM akan dibekali kemampuan digital untuk pengembangan kapabilitas bisnis.

Tangkapan layar acara peluncuran virtual Berkembang Bersama: Belajar Digital Bareng Bukalapak | Microsoft pada Senin (8/3/2021).
Acara peluncuran virtual Berkembang Bersama: Belajar Digital Bareng Bukalapak | Microsoft pada Senin (8/3/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM - Bukalapak dan Microsoft bekerja sama untuk meningkatkan literasi digital dan meningkatkan kapabilitas pemanfaatan teknologi di kalangan pelaku UMKM melalui program pelatihan digital bertajuk “Belajar Digital Bareng Bukalapak | Microsoft”.

Inisiatif ini juga bertujuan untuk membantu para pelaku usaha kecil dan menengah meraih lebih banyak kesempatan dan berkontribusi pada terbangunnya dampak sosial dan ekonomi yang berkelanjutan di tanah air.

Sebagai satu dari beberapa penyokong ekonomi Indonesia, UMKM memiliki peran yang penting dalam mendorong jalannya roda perekonomian.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah mencatat setidaknya terdapat lebih dari 64 juta unit UMKM yang berkontribusi 97 persen terhadap total tenaga kerja dan 60 persen PDB nasional.

Baca juga: Kesempatan Menarik, Bukalapak Gelar Kontes Pelapak Indonesia untuk UMKM

Oleh karena itu, membekali pelaku UMKM dengan kemampuan digital adalah suatu langkah yang krusial guna mendorong perkembangan dan kapasitas bisnis sektor usaha ini.

Melalui program ini, para pelapak dan Mitra Bukalapak yang terdiri dari pemilik warung serta agen individual di seluruh Indonesia berkesempatan untuk mengikuti pelatihan digital yang meliputi topik-topik dari mulai menggunakan komputer, berkomunikasi lewat online, hingga membuat konten digital, berkolaborasi dengan mengelola konten secara digital, serta menggunakan teknologi secara aman dan bertanggung jawab.

“Pada tahun 2020, kami menghadirkan berbagai program dan inisiatif yang telah membawa dampak bagi perkembangan lebih dari 6.5 juta pelapak dan 7 juta Mitra Bukalapak. Kami berkomitmen untuk terus mengajak seluruh pelapak, mitra, serta seluruh bagian dari ekosistem Bukalapak untuk senantiasa berkembang bersama dan menciptakan dampak yang lebih besar melalui kerjasama dengan Microsoft di kegiatan pelatihan digital ini. Kami percaya transformasi teknologi merupakan salah satu kunci untuk membuka berbagai kesempatan bagi seluruh orang dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk para pelaku UMKM, serta faktor penting terciptanya inklusi ekonomi,” ujar Rachmat Kaimuddin, CEO Bukalapak.

Baca juga: Bukalapak Terus Tumbuh di Masa Pandemi Covid-19

Hal ini didukung oleh pernyataan dari Haris Izmee, President Director Microsoft Indonesia yang disampaikan di acara peluncuran virtual Berkembang Bersama: Belajar Digital Bareng Bukalapak | Microsoft pada Senin (8/3/2021).

“Bukalapak telah memberikan dampak ekonomi yang nyata bagi masyarakat Indonesia melalui inovasi marketplace yang berkelanjutan. Bukalapak telah menciptakan berjuta peluang baru bagi pelapak, mitra, dan pengguna Bukalapak. Oleh karena itu, Microsoft berkomitmen untuk mendukung Bukalapak dengan teknologi komputasi awan yang terpercaya, yang memungkinkan peningkatkan kepuasan pengguna dan memungkinkan karyawan Bukalapak untuk berkolaborasi serta berinovasi secara maksimal dalam mendukung pelapak, mitra beserta keluarga untuk mendapatkan manfaat yang nyata dari kemitraan ini,” ujar Haris.

Platform “Belajar Digital Bareng Bukalapak | Microsoft” akan segera diluncurkan secara resmi pada bulan Maret tahun ini. ( Tribunjogja.com )

Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved