Breaking News:

Sebanyak 140.000 Lansia di Klaten Jadi Target Penerima Vaksin Covid-19

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menargetkan sekitar 140.000 warga lanjut usia (lansia) yang ada di daerah itu masuk sebagai daftar penerima

TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Klaten, Anggit Budiarto saat ditemui di kantornya, Rabu (10/3/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menargetkan sekitar 140.000 warga lanjut usia (lansia) yang ada di daerah itu masuk sebagai daftar penerima vaksin Covid-19.

Adapun pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di daerah itu bakal dilaksanakan secara bertahap menyesuaikan jumlah dosis vaksin yang diterima oleh Kabupaten Klaten dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Lansia kita yang berdasarkan data dari pusat ya, itu ada sekitar 140 ribu yang bakal masuk vaksinasi Covid-19," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Klaten, Anggit Budiarto, saat ditemui Tribun Jogja di kantornya, Rabu (10/3/2021).

Baca juga: Hasil ASPD SD dan SMP Bisa Jadi Pertimbangan PPDB Jenjang Selanjutnya

Pria yang juga menjabat sebagai tim teknis Satgas Percepatan Pengendalian Covid-19 Klaten itu mengatakan, pelaksanaan vaksinasi bagi lansia sudah dimulai pada Senin (8/3/2021) kemarin.

"Pada pelaksanaan hari pertama vaksinasi lansia Senin kemarin, kita sudah dapat 1.460 yang sudah di vaksin dan jumlah itu tersebar di seluruh wilayah Klaten," ucapnya.

Menurut Anggit, untuk pelaksanaan vaksin bagi lansia itu hanya dilakukan di puskesmas-puskesmas yang ada di Klaten.

"Kita pusatkan vaksin lansia di puskesmas yang tersebar di seluruh klaten karena lansia memiliki karakteristik susah dalam mobilitas. Kalau lansia ke rumah sakit nanti ada yang jauh melakukan perjalanan dan itu kita minimalisir," jelasnya.

Baca juga: Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto Mengantarkan Jenazah Ibunda ke Peristirahatan Terakhir di Sleman

Dipaparkan Anggit, vaksinasi pada lansia merupakan tahap lanjutan dari program vaksinasi Covid-19 yang telah dicanangkan di Klaten sejak akhir Januari 2021 yang lalu.

"Sebelumnya sudah dilakukan vaksin kepada pelayan publik seperti forkopimda, tenaga kesehatan hingga TNI Polri," imbuh dia. (Mur)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved