Breaking News:

Ini Perbedaan Pusing Kepala Akibat Vertigo dan Migrain

Namun, masih banyak yang belum benar mengidentifikasi penyakit migrain dan vertigo. Apa beda penyakit vertigo dan migrain?

Ilustrasi 

Tribunjogja.com - Penyakit migrain dan vertigo tak asing di telinga kita. Dua penyakit ini jamak dialami orang.

Namun, masih banyak yang belum benar mengidentifikasi penyakit migrain dan vertigo. Apa beda penyakit vertigo dan migrain?

Dalam acara Bincang Dokter ( 7/9/2020), Dr. Achmad Junaidi, Sp.S (K), MARS dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Palembang menjelaskan perbedaan antara migrain dan vertigo.

Ilustrasi migrain
Ilustrasi migrain (SHUTTERSTOCK)

Migrain merupakan sakit kepala sebelah, nyeri dan bersifat berdenyut, sakitnya mulai dari sedang sampai berat, bersifat hilang timbul, dengan aktifitas fisik akan memperberatnya.

Sementara vertigo atau sering disebut pusing tujuh keliling adalah perasaan pusing, berputar–putar dan melayang layang, lebih kepada gangguan keseimbangan.

“Tanda lain migrain adalah fonofobia, yaitu: diperparah oleh suara. Atau fotofobia, yaitu diperparah oleh cahaya. Migrain termasuk sakit kepala primer, yaitu: tidak bisa sembuh, tapi bisa dicegah agar tidak muncul. Faktor pencetusnya bisa dicegah agar tidak muncul, faktor pencetusnya bisa berasal dari makanan, stress dan hormonal. Makanan pada penyedap rasa, coklat, kacang – kacangan dan keju, hindari factor-faktor tersebut supaya tidak muncul, tapi bukan sembuh,” ujarnya.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Ketika Vertigo Kambuh: Cari Tempat Gelap dan Sepi

Ia menambahkan bahwa untuk vertigo lebih pada gangguan keseimbangan, bisa karena gangguan di sentral saraf pusat atau otak atau diluar otak.

“Yang paling sering adalah organ telinga, organ sensoris di kedua kaki, juga mata, leher bagian belakang kepala pemicu veritigo,” imbuhnya.

Ia mengatakan antara migrain dan vertigo jumlah penderitanya yang paling banyak adalah vertigo, vertigo akan dialami setiap orang, walaupun hanya satu kali atau ringan.

Sementara migrain lebih banyak diderita perempuan, karena lebih ke hormonal. Pada anak anak, vertigo juga bisa menyerang orang – orang yang trauma setelah kecelakaan, gejala vertigo pada trauma kecelakaan akan muncul pasca kecelakaan dengan rentang 2 hingga 3 hari.

“Vertigo bisa disembuhkan asal tahu penyebabnya,” ujarnya.

Enam penyebab vertigo.
Enam penyebab vertigo. (www.bustle.com)

Untuk mencegah migrain harus diketahui factor penyebabnya dan dihindari, namun untuk pantang terhadap makanan tertentu tidak ada. Obat-obat yang dijual bebas dipasaran bisa digunakan untuk mengobati dengan gejala ringan.

“Obat mual muntah juga bisa mengatasi, bila belum sempat kedokter pakai obat bebas dulu. Bila berulang bisa dicari penyebabnya,” katanya.

Baca juga: Inilah Penyebab Kepala Pusing Saat Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

Bila sewaktu – waktu terserang vertigo secara tiba – tiba langkah awal yang bisa diambil adalah jangan panic, untuk menjaga porsi tubuh supaya jangan jatuh dan terkena kepala, membatasi gerakan, bila sudah hilang, bisa mulai bergerak. Rentang usia rata – rata orang yang terkena migrain adalah 25 sampai 55 tahun.(Sonora.id)

Editor: Rina Eviana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved