Breaking News:

GAWAT! Ribuan Aplikasi Android dan iOS Bocorkan Data Pengguna

Hampir 84.000 aplikasi Android dan 47.000 aplikasi iOS ditemukan menggunakan server publik, di mana 14 persen di antaranya berbahaya.

Penulis: Sigit Widya | Editor: Sigit Widya
Net
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM – Untuk kali kesekian, aplikasi untuk perangkat berbasis Android dan iOS dilaporkan telah diam-diam menyedot data privasi pengguna.

Perusahaan keamanan seluler swasta terkemuka bernama Zimperium menganalisis lebih dari 1,3 juta aplikasi Android dan iOS bergerilya mencuri data pengguna.

Hampir 84.000 aplikasi Android dan 47.000 aplikasi iOS ditemukan menggunakan server publik, di mana 14 persen di antaranya berbahaya.

Dikutip Tribunjogja dari Phone Arena, Jumat (5/3/2021), mereka mengekspos semua jenis informasi sensitif.

Baca juga: Cara Mudah dan Cepat Transfer Data ke HP Baru Android dan iPhone

Seperti yang ditunjukkan Wired, kebocoran data semacam itu tidak harus disengaja dengan cara apa pun.

Yang diperlukan hanyalah mengambil jalan pintas dalam proses konfigurasi dan perutean server dan semua jenis data pribadi diekspos untuk diambil.

Modus tersebut sama persis dengan bagaimana aplikasi di Android dan iOS beroperasi.

Alih-alih berupaya menyiapkan server sendiri untuk merutekan data sensitif, mereka memanfaatkan Amazon Web Services, Google Cloud, dan back-end Microsoft Azure.

Zimperium telah menemukan bahwa data pribadi, kata sandi, dan informasi medis pengguna, serta info keuangan dan pembayaran (tergantung  layanan aplikasi) juga bocor.

Baca juga: Facebook Bakal Tuntut Apple Gara-Gara Fitur Privasi iOS 14

"Bahaya dari informasi semacam itu, jika jatuh ke tangan yang salah, sangatlah merugikan pengguna," demikian menurut Zimperium.

Zimperium menambahkan, hampir 20.000 aplikasi yang dikonfigurasi secara buruk membiarkan "pintu terbuka lebar" untuk mengekspliotasi data pengguna.

Yang lebih buruk, beberapa aplikasi mengizinkan data sensitif ditimpa dari jarak jauh sehingga meningkatkan risiko penipuan.

Baca juga: Daftar Ponsel iPhone dan Android yang Tak Bisa Pakai WhatsApp Lagi Per 1 Januari 2021

Sejauh ini, Zimperium belum bersedia merinci aplikasi untuk perangkat Android dan iOS yang berpotensi mencuri data pengguna.

Yang pasti, Zimperium telah memberi tahu banyak pengembang aplikasi Android maupun iOS terkait hal tersebut.

Namun, hanya sedikit pengembang yang memberikan respons. (Tribunjogja)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved