Breaking News:

KONI DIY Bekerjasama Bareng BNNP DIY Untuk Cegah Atlet dari Bahaya Doping

KONI DIY jalin kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY, untuk sosialisasikan bahaya narkoba dan doping kepada para atlet

Istimewa
KONI DIY Bekerjasama Bareng BNNP DIY 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - KONI DIY jalin kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY, untuk sosialisasikan bahaya narkoba dan doping kepada para atlet dan pelatih.

"Dalam pertemuan dengan BNNP DIY pada Selasa (2/3/2021) kemarin, selain dalam rangka bersilaturahmi juga berharap ada sinergi program antara BNNP DIY dengan KONI DIY, lantaran KONI DIY diketahui membina sekitar 46 cabor, yang tentu melibatkan banyak personel, baik pengurus, pelatih, maupun para atlet," ujar Ketua Umum KONI DIY Djoko Pekik Irianto, pada Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Kejari Klaten Dicanangkan jadi Zona Integritas

Guru besar FIK UNY itu juga menjelaskan bahwa atlet juga merupakan bagian dari masyarakat yang kebanyakan masih berusia muda, mereka dinilai rentan terhadap pengaruh berbagai obat-obatan.

Meski demikian, Djoko yakin, jika para atlet DIY tetap menegakkan sportifitas, disiplin, termasuk menghindarkan diri dari penggunaan obat-obatan terlarang. 

Sehingga dari pertemuan tersebut, pihaknya berharap ada program kerja sama terkait upaya bersama dengan bertujuan membina atlet dari usia muda hingga senior yang ada di kabupaten/kota se-DIY, termasuk di dalamnya 137 atlet dan 54 pelatih Puslatda PON XX Papua. 

"Para atlet kita ini saya yakin bisa menjadi generasi muda yang membangun bangsa dan bebas dari narkoba maupun obat terlarang. Dan terkait dengan Puslatda PON XX Papua tentu banyak program yang dilaksanakan, satu di antaranya pembinaan karakter dan edukasi terhadap berbagai obat-obatan, tentunya kalau spesifik dalam olahraga juga ada doping," ungkapnya.

Wakil Ketua II KONI DIY sekaligus Ketua Satgas Puslatda PON XX Papua Rumpis Agus Sudarko, mengatakan, dalam sinergisitas ini pihaknya berencana menggelar bimbingan teknis (bimtek) tentang makanan/minuman/suplemen, yang dinilai terindikasi maupun tidak terindikasi mengandung narkoba/doping bagi pelatih Puslatda PON XX Papua. 

Ia juga ingin mengadakan sosialisasi tentang bahaya narkoba/doping bagi atlet/pelatih maupun Pengurus KONI DIY dalam kegiatan latihan bersama nantinya.

Baca juga: Jadwal MotoGP 2021 Besok Jumat 5 Maret 2021 di Sirkuit Losail Qatar

Sementara itu Kepala BNNP DIY Brigjen Pol Nanang Hadiyanto yang didampingi Sub Koordinator Bagian Perencanaan Yoce Taribino, dan Penyuluh Narkoba Ahli Pertama Seksi Pencegahan BNNP DIY Hindun Kurnia N., mendukung dan menyambut baik kerja sama tersebut. 

Dalam hal ini dikemukakan, bahwa beberapa program seperti sosilisasi tentang narkoba, tes urine, dan rehabilitasi dapat disinergikan satu sama lain. 

Di samping BNNP DIY, KONI DIY juga berencana menjalin sinergisitas dengan Dinas Kesehatan DIY, soal bahaya dan informasi doping terkini. 

Hal ini mengingat selalu ada informasi terbaru tentang narkoba/doping setiap tahunnya. (tsf)

Penulis: Taufiq Syarifudin
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved