Breaking News:

Kota Yogya

Jangan Sampai Lengah, BPBD Kota Yogya Imbau Warga Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem

Pemkot Yogyakarta mengimbau masyarakat supaya senantiasa meningkatkan kewaspadaan, di tengah potensi cuaca ekstrem akhir-akhir ini.

istimewa
Beberapa kawasan di Kota Yogyakarta juga dilanda beberapa peristiwa pohon tumbang, talud ambles, kabel putus dan beberapa kejadian lainnya pada Rabu (3/3/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mengimbau masyarakat supaya senantiasa meningkatkan kewaspadaan, di tengah potensi cuaca ekstrem akhir-akhir ini.

Mulai dari ancaman banjir, tanah longsor, sampai hujan es, yang terjadi di wilayahnya, Rabu (3/3/2021) lalu.

Kepala Pelaksana Badam Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta, Nur Hidayat mengatakan, pihaknya mencatat pada Rabu (3/3/2021) silam, terjadi hujan lebat yang memicu pohon tumbang di Terban, Tukangan, Jalan Brigjend Katamso dan di kompleks BLKPP Jalan Kyai Mojo.

Kemudian, aliran Sungai Buntung pun menggenangi rumah warga di RT 51, RT 53 dan RT 57 di Kricak, Tegalrejo. Masih di kawasan Kricak, talud sepanjang 3x3 meter juga longsor, dan mengancam sebuah rumah milik warga.

Saat ini, BPBD tengah berupaya mendata deretan kerusakan itu.

Baca juga: Dampak Hujan Lebat dan Angin Kencang di DI Yogyakarta, Sebabkan Pohon Tumbang hingga Bangunan Rusak

"Ya, ini baru diasesmen. Ada lima rumah yang kita asesmen. Kemungkinan perlu bantuan penanganan apa, seperti yang di Kricak itu talud dan sebagainya. Nah, ini baru kita koordinasi dengan DPUPKP," cetus Hidayat," Kamis (4/3/2021).

"Kita kan sifatnya hanya penanganan kedaruratan. Kalau yang jangka panjangnya kita harus bekerjasama dengan PU juga. Termasuk untuk menangani talud yang jebol itu. Ya, sekarang kan sedang dihitung dulu," tambahnya.

Untuk saat ini, lanjut Hidayat, pihaknya mengimbau supaya masyarakat jangan lengah, serta tetap mewaspadai potensi cuaca ekstrem.

Pasalnya, seperti hujan es misalnya, BPBD tidak bisa mempredikisi, kapan dan dimana saja.

"Itu kan karena suhu dingin di awan, ya. Jadi, kalau hujan es seperti yang kemarin itu, masyarakat harus waspada, segera berlindung di tempat yang aman. Alhamdulillah, kemarin itu esnya nggak gede, cuma sekrikil," ujarnya. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved