Breaking News:

Yogyakarta

Dampak Hujan Lebat dan Angin Kencang di DI Yogyakarta, Sebabkan Pohon Tumbang hingga Bangunan Rusak

Berdasarkan laporan situasi yang diterima pihaknya sampai pukul 14.00 WIB, fenomena hujan es terjadi di enam titik lokasi.

istimewa
Beberapa kawasan di Kota Yogyakarta juga dilanda beberapa peristiwa pohon tumbang, talud ambles, kabel putus dan beberapa kejadian lainnya pada Rabu (3/3/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY melaporkan dampak hujan lebat, angin kencang, dan hujan es yang melanda DI Yogyakarta dari pukul 12.15 WIB, Rabu (3/3/2021).

Fenomena alam itu terjadi hampir di seluruh wilayah DIY.

Kepala BPBD DIY, Biwara Yuswantana menuturkan, berdasarkan laporan situasi yang diterima pihaknya sampai pukul 14.00 WIB, fenomena hujan es terjadi di enam titik lokasi.

Rinciannya meliputi Yogoyudan, Jalan C Simanjuntak, Girikerto Turi, Murangan Triharjo Sleman, daerah UGM dan Jetis.

Baca juga: Hujan Es di Yogyakarta Disertai Angin Kencang

Adapun pohon-pohin tumbang berada di Pakualaman, Kantongan, Merdikorejo, Tempel, Sleman; Kepatihan dan; Randu songo, Donokerto, Turi

Hujan lebat juga menimbulkan kerusakan pada sejumlah bangunan.

Yakni pada atap ternit kantor DPRD DIY, dua rumah di Randusongo Donokerto Turi, empat kandang kelompok Turi Sleman, warung siomay Taman Kuliner Pakualaman dan Gedung Yayasan Bakti Sosial Tegaltirto Berbah Sleman

Selain itu, hujan deras berdampak pada  debit kali Buntung di Kricak yang mengalami peningkatan.

Baca juga: Selain Hujan Es, BPBD Kota Yogyakarta Laporkan Adanya Pohon Tumbang dan Talud Rumah Ambles

Biwara mengatakan, kejadian ini dapat menjadi peringatan kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan di musim penghujan ini.

"Ini menjadi warning untuk kita lebih waspada dua hari kedepannya. Hari ini kita baru melakukan lengumpulan  data tentang kerusakannya," tandasnya.

Jika hujan es kembali terjadi, Biwara mengimbau masyarakat untuk segera mencari tempat perlindungan yang aman untuk berteduh. ( Tribunjogja.com )

Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved