Breaking News:

Bupati dan Wakil Bupati DI Yogyakarta Mengucapkan Sumpah Jabatan Sebelum Dilantik

Bupati dan Wakil Bupati DI Yogyakarta yang memenangi kontestasi Pilkada 2020 menjalani prosesi pelantikan di Bangsal Kepatihan

Tangkapan Layar
Prosesi pelantikan Bupati dan Wakil Bupati di Bangsal Kepatihan, Jumat (26/2/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bupati dan Wakil Bupati DI Yogyakarta yang memenangi kontestasi Pilkada 2020 menjalani prosesi pelantikan di Bangsal Kepatihan Jumat (26/2/2021).

Keenam calon kepala daerah diperkenankan melengang ke Bangsal Kepatihan sekira pukul 09.30 WIB sebelum prosesi pelantikan dimulai.

Sebelum pengesahan pengangkatan, dilakukan pengucapan sumpah janji jabatan yang dipandu oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Baca juga: Baca Surat Al Kahfi di Hari Jumat, Berikut Arab Latin dan Terjemahan Ayat 1-10

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai bupati dan wakil bupati dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945," ucap para kepala daerah sembari menirukan perkataan Sri Sultan. 

"Dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," sambung mereka.

Setelah mengikrarkan sumpah, dilanjutkan proses penandatanganan berita acara pelantikan pengucapan sumpah janji jabatan dan pakta integritas yang diawali Bupati Sleman Sri Kustini dan Wakil Bupati Sleman Danang Wicaksana Sulistya.

Baca juga: BREAKING NEWS: Hari Ini, 3 Kepala Daerah DI Yogyakarta Dilantik Secara Tatap Muka di Kepatihan

Kemudian giliran selanjutnya adalah Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Wakilnya Joko B Purnomo.

Kesempatan terakhir diberikan kepada pasangan Bupati Sunaryanta dan wakilnya Heri Susanto.

Setelah rentetan kegiatan tersebut satu persatu kepala daerah menerima surat keputusan Menteri Dalam Negeri terkait pengangkatan mereka. (tro)

Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved