Breaking News:

BI DIY Kampanyekan Transaksi Digital Melalui QRIS GUMATON Bersama Paguyuban Andong Yogyakarta

Dalam rangka memperluas akselarasi penggunaan pembayaran digital, Bank Indonesia (BI)  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

TRIBUNJOGJA/ Nanda Sagita Ginting
Kepala Perwakilan BI DIY, Hilman Tisnawan, saat mengkampanyekan penggunaan QRIS pada pembayaran di andong, pada Jumat (26/02/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam rangka memperluas akselarasi penggunaan pembayaran digital, Bank Indonesia (BI)  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggandeng paguyuban andong di Malioboro dalam  penggunaan QRIS ( Quick Response Code Indonesian Standard) ketika bertransaksi.

Untuk menyukseskannya, BI DIY  membuat program yang disebut QRIS GUMATON (Tugu, Malioboro, dan Keraton) sebagai inisiasi menghadirkan pembayaran non tunai di kawasan wisata tersebut.

Kepala Perwakilan BI DIY, Hilman Tisnawan mengatakan, pembentukan program QRIS GUMATON sebagai langkah menciptakan ekosistem digital di wilayah Yogyakarta.

"Paguyuban kusir andong salah satu bagian dari program-program untuk menggiatkan penggunaan QRIS di seluruh DIY. Dipilihnya GUMATON karena dianggap sebagai wilayah yang potensial yang merupakan titik-titik wisatawan berkumpul," jelasnya kepada media, pada Jumat (26/02/2021).

Baca juga: Muchammad Nur Aziz - M Mansyur Resmi Jabat Walikota dan Wakil Walikota Magelang

Ia menambahkan, dengan penggunaan QRIS akan memudahkan bagi pengguna maupun para kusir andong.

Karena akan menghindari terjadi hal yang tidak diinginkan seperti mencegah peredaran uang palsu bahkan meminimalkan risiko kehilangan uang.

Sebaliknya dengan penggunaan QRIS akan mendorong efisiensi bertransaksi, meningkatkan keuangan inklusif untuk memajukan pelaku usaha, yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi DIY.

"Banyak sekali keuntungan yang didapat dari penggunaan QRIS sebagai transaksi pembayaran cashless ini," terangnya.

Jumlah QRIS di wilayah Yogyakarta berdasarkan merchantnya mencapai sekitar 140 ribu dengan pengguna sudah lebih dari satu juta.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved