Breaking News:

Polres Magelang Hadirkan Inovasi Program Cashless dan SKCK Door to Door

Kepolisian Resor (Polres) Magelang meresmikan program layanan baru dalam mendukung 100 hari kepemimpinan Kapolri.

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kepolisian Resor (Polres) Magelang meresmikan program layanan baru dalam mendukung 100 hari kepemimpinan Kapolri.

Layanan tersebut merupakan inovasi baru di masa pandemi yakni program cashless dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) door to door yang merupakan layanan pertama di Jawa Tengah (Jateng).

Peresmian dilakukan pada Kamis (25/2/2021) di halaman Mako Polres Magelang yang dihadiri langsung oleh Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi beserta Pejabat Utama (PJU) Polda Jateng, Sekda Kabupaten Magelang, Dandim Magelang dan sejumlah pejabat lainnya.

Baca juga: Hamdan Zamzani, Putra Asli Sleman yang Tak Masuk Skuad PSS Sleman 2021, Masih Ingin Tunjukan Talenta

Irjen Pol Ahmad Luthfi mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Polres Magelang.

Layanan itu menurut dia merupakan salah satu dari enam program prioritas Kapolri yang memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat dengan menggunakan teknologi informasi.

"Layanan ini nantinya tidak menggunakan transaksi cash. nanti akan menggunakan barcode dengan informasi yang dipunyai lewat aplikasi. Diharapkan tidak terjadi interaksi antara masyarakat dengan anggota kami," katanya.

Luthfi menambahkan, layanan tersebut sekaligus sebagai bagian dalam meminimalisir potensi pungutan liar (pungli).

Di sisi lain, lewat layanan itu masyarakat juga bisa menerapkan protokol kesehatan karena tidak menimbulkan kerumunan di sentra pelayanan kepolisian.

Selain itu, layanan SKCK door to door akan memberikan kesempatan kepada personel Polri untuk langsung terlibat dan terjun ke masyarakat.

"Ini yang pertama di Magelang dan nanti Dirlantas dan Dir Intelkam sudah kami perintahkan agar diterapkan di seluruh Jateng," ujarnya.

Baca juga: Warga Kembar di Desa Jonggrangan Klaten Bertambah Jadi 23 Pasang, Usia Dewasa Hingga Anak-anak

Kapolres Magelang, AKBP Ronald Purba menyatakan, pelayanan tersebut nantinya akan langsung menjangkau masyarakat dari rumah ke rumah.

Masyarakat yang ingin membuat atau memperpanjang SKCK akan didatangi oleh personel ke rumah masing-masing.

"Kami telah menyiapkan sarana baik itu kendaraan dan juga anggota agar masyarakat yang memiliki kesibukan atau keterbatasan tidak perlu lagi datang ke Polres tapi cukup hanya anggota yang akan mendatangi," katanya.

Pihaknya berharap hadirnya program itu nantinya akan mampu mempercepat dan mempermudah pelayanan Polri kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Magelang. (jsf) 

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved