Breaking News:

Revitalisasi Pedestrian Jalan Jend Sudirman Berlanjut, Pemkot Yogyakarta Gelontorkan Rp 19,9 Miliar

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta segera melanjutkan revitalisasi pedestrian Jalan Jenderal Sudirman.

Tribunjogja.com | Hasan Sakri
Dokumentasi PEDESTRIAN JALAN SUDIRMAN 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta segera melanjutkan revitalisasi pedestrian Jalan Jenderal Sudirman.

Untuk tahapan ini, proyek menyasar trotoar sisi timur simpang Gramedia, sampai simpang Galeria Mall.

Dana Keistimewaan Rp 19,9 miliar pun disiapkan.

Baca juga: Pelantikan Bupati dan Wabup Klaten Digelar secara Virtual, Undangan Terbatas 25 Orang

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta, Hari Setyawacana menyampaikan, konsep penataannya lebih kurang masih sama dengan proyek sebelumnya.

Yakni, menonjolkan kenyamanan ruang, atau akses bagi pejalan kaki.

"Konsepnya sama, karena itu untuk mendukung kawasan Kotabaru. Jadi, dengan konsep yang sama, kita memberi kenyamanan dan keleluasaan bagi pejalan kaki. Begitu juga material dan desainnya, masih sama," ujarnya, Rabu (24/2/2021).

Hari mengatakan, untuk menunjang kenyamanan pejalan kaki, beberapa titik trotoar memang harus dilebarkan dari ukurannya saat ini.

Selain itu, beberapa taman yang kini menghiasi pedestrian juga akan dirombak, lantaran menyesuaikan desain dan konsep baru tersebut.

"Ada yang harus dilebarkan, tapi ada juga yang memang sudah sesuai dengan kebutuhan. Lalu, tamannya didesain kembali, agar lebih ramah bagi pejalan kaki, ya, istilahnya dinormalisasi sesuai kebutuhan ruang," katanya.

Nantinya, proyek akan langsung menyasar trotoar di sisi utara dan selatan sekaligus. Dengan pagu anggaran sekira Rp 19,9 miliar, proses pengerjaannya ditaksir memerlukan waktu antara 5-6 bulan.

Baca juga: Gelombang Tinggi dan Tangkapan Ikan Sepi, Sebagian Nelayan di Kulon Progo Pilih Tak Melaut

Sejauh ini, lelang belum dimulai, karena dokumen masih dalam tahap pelimpahan.

"Kita baru mempersiapkan dokumen, untuk dilimpahkan kepada Bagian Layanan Pengadaan. Kita siapkan dulu ya, dokumennya, ini tidak terlalu lama lah," cetusnya.

Lebih lanjut, terkait pedagang kaki lima (PKL) yang sehari-harinya berdagang di ruas trotoar Jalan Jenderal Sudirman, dipastikan harus angkat kaki selepas revitalisasi.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Kecamatan Gondokusuman, khusus membahas keberadaan sejumlah PKL ini.

"Kita lakukan pendekatan. Dalam rangka penataan jalur pedestrian, itu kan tidak boleh terganggu aktivitas lain, kecuali pejalan kaki. Kita sudah komunilasi dengan wilayah, kaitannya PKL itu," pungkas Hari. (aka)

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved