Breaking News:

Agar Lebih Terarah, Pemkot Magelang Imbau PPKM Mikro Dijalankan secara Maksimal

Penyemprotan desinfektan massal merupakan langkah edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menerapkan prokes dalam kegiatan sehari-hari.

Dok. Humas Pemkot Magelang
Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Magelang Joko Budiyono saat membuka kegiatan penyemprotan desinfektan massal di Kepolisian Resor (Polres) Magelang Kota, Kamis (18/2/2021). 

TRIBUNJOGJA.com - Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Magelang Joko Budiyono, menginstruksikan agar penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro dapat dijalankan dengan maksimal.

"Saya mohon kepada seluruh pihak terkait agar memetakan kondisi zonasi Covid-19 di wilayahnya dengan tepat dan terkini. Dengan begitu, penanganan kepada masyarakat bisa lebih mudah, fokus, serta terarah,” ujarnya, seperti dalam keterangan yang diterima Tribun Jogja, Kamis (18/2/2021).

Adapun pihak terkait yang dimaksud adalah lurah, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Bintara Pembina Desa (Babinsa), Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), dan kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), sampai dengan Rukun Tetangga (RT).

Pernyataan tersebut Joko sampaikan saat membuka kegiatan penyemprotan desinfektan massal di Kepolisian Resor (Polres) Magelang Kota, Kamis.

Joko menjelaskan, penyemprotan desinfektan massal ini merupakan langkah edukasi kepada masyarakat terhadap pentingnya menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam kegiatan sehari-hari.

“Kegiatan tersebut akan membangun kesadaran masyarakat bahwa di masa pandemi Covid-19 agar berhati-hati dan selalu ingat prokes,” ujarnya.

Tak hanya mengingatkan masyarakat, lanjut dia, penyemprotan desinfektan massal dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Bahkan, Joko mengaku, sejak diberlakukan PPKM Mikro, pihaknya bersama tim gabungan turut mengadakan operasi yustisi untuk menegakkan prokes dan mengawasi kegiatan masyarakat secara intensif.

“Dengan bantuan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), dan unsur masyarakat, operasi yustisi kami laksanakan selama masa PPKM maupun PPKM mikro, mulai dari Selasa (9/2/2021) sampai dengan Senin (22/2/2021),” jelasnya.

Joko berharap, dari upaya-upaya yang bersifat masif ini, dapat dilaksanakan secara persuasif, terukur, dan terus-menerus.

“Sehingga zona skor indikator epidemiologi Covid-19 di Kota Magelang terus membaik dan masuk ke zona hijau,” kata Joko.

Terkait penyemprotan disinfektan, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Magelang Kota Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) R. Fidelis Purna Timoranto mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan di beberapa titik.

Adapun titik daerah yang disemprot adalah jalan-jalan protokol, fasilitas umum (fasum), kompleks perumahan dan rumah toko (Ruko) Armada Estate Kota Magelang.

Penulis: Dwi Nur Hayati
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved