Breaking News:

Rajab

Ini Amalan dan Doa Memasuki Bulan Rajab, Tulisan Arab dan Terjemahan Bahasa Indonesianya

Ini Amalan dan Doa Memasuki Bulan Rajab, Tulisan Arab dan Terjemahan Bahasa Indonesianya

via hikav.org
Ilustrasi Sembahyang di Masjid 

TRIBUNJOGJA.COM - Memperbanyak amalan Sunnah setiap hari adalah hal yang patut diusahakan.

Apalagi amalan Sunnah tersebut dilakukan di bulan bulan spesial yang oleh Allah SWT diberi syafaat lebih dari pada bulan yang lain.

Salah satunya bulan Rajab. Bulan Rajab menjadi salah satu bulan yang dinantikan umat muslim sebelum memasuki bulan Syaban Ramadan dan Syawal.

Di dalam Al Quran surat At Taubah ayat 36, Allah SWT berfirman mengenai bulan-bulan yang diagungkan, salah satunya bulan Rajab. Rajab sendiri memiliki arti Keagungan atau Mulia.

Berikut ini bunyi surat At Taubah ayat 36 :

Arab: اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ada dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangi lah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.

Baca juga: BPPTKG: Pagi Ini, Teramati 4 Kali Guguran Lava Pijar Gunung Merapi, Jarak Maksimum 1 Km

Baca juga: Bisa Dikerjakan Secara Berjamaah, Ini Niat, Jadwal, dan Doa Sholat Dhuha

 

Disarikan dari berbagai literatur, Nabi Muhammad SAW diriwayatkan pernah memanjatkan doa di bulan Rajab. Doa tersebut memiliki arti khusus, yakni agar umur bisa sampai pada bulan Ramadan yang penuh berkah.

Berikut ini doa Nabi Muhammad SAW di bulan Rajab :

Arab: أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Halaman
1234
Penulis: Yudha Kristiawan
Editor: Yudha Kristiawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved