iPhone

TERUNGKAP, Alasan RAM iPhone Tak Sebesar Android, Berikut Ini Faktanya

TERUNGKAP, Alasan RAM iPhone Tak Sebesar Android, Berikut Ini Faktanya

kontan.co.id
Ilustrasi New iPhone SE 

TRIBUNJOGJA.COM - Pengguna smarthphone besutan Apple barangkali bertanya tanya soal kapasitas RAM yang cenderung lebih hemat bila dibandingkan dengan produk vendor smartphone Android.

Apple selama ini memang jarang mengumbar berapa kapasitas RAM dari perangkat iPhone yang dibuat.

Kapasitas RAM iPhone biasanya memang lebih sedikit dibanding perangkat Android di generasi yang sama.

Dikutip dari Kompas.com, trio iPhone 12 misalnya, hanya memiliki RAM 4 GB hingga 6 GB.

Sementara, ponsel Android anyar, terutama kelas menengah ke atas dan flagship bisa memiliki RAM dengan kapasitas 8 GB hingga 16 GB.

Meski memiliki RAM lebih kecil, performa iPhone sebanding dengan perangkat Android flagship dengan kapasitas memori hingga dua kali lebih banyak, kalau bukan lebih kencang.

7 Zodiak yang Diprediksi Kurang Beruntung Jumat 12 Februari 2021

PROMO TELKOMSEL : Nikmati Promo Paket Unlimited Mulai 100 Ribu, Cuma Dua Hari, 11 dan 12 Februari

KABAR XIAOMI : MIUI 12.5 Hadir Untuk Ponsel Xiaomi, Ini Daftar Seri Yang Kebagian Jatah

Salah satu kuncinya adalah manajemen memori perangkat iOS yang relatif lebih baik dibandingkan Android.

Kedua sistem operasi itu memang dibangun dengan cara berbeda.

Pada iOS, sejak awal sistem operasi berikut aplikasi-aplikasinya ditulis dan dikompilasi secara native menggunakan bahasa pemrograman Swift (dulu Objective-C).

Kode native ini kemudian dieksekusi secara langsung oleh hardware sehingga iOS tidak membutuhkan virtual machine ala Java yang boros memori.

Sebab, iOS dan aplikasinya memang dirancang hanya bisa berjalan di perangkat buatan Apple saja, tak harus mengakomodir berbagai macam perangkat dengan konfigurasi hardware berbeda-beda seperti Android.

Selain itu, proses manajemen memori aplikasi antara kedua OS juga berbeda. Di Android, manajemen memori dilakukan oleh sistem operasi. Sementara di iOS, hal itu ditangani oleh aplikasi.

Ketimbang sistem operasi yang memberikan memori sebanyak mungkin ke aplikasi, untuk kemudian didaur ulang saat sudah tak terpakai, aplikasi-aplikasi iOS secara otomatis mengatur sendiri alokasi memorinya sesuai kebutuhan sehingga lebih efisien.

Beda sistem penerimaan notifikasi di aplikasi Selain perbedaan cara kerja sistem operasi di atas, hal lain yang turut berkontribusi pada besarnya kebutuhan RAM di ponsel Android adalah perbedaan sistem penerimaan notifikasi push di aplikasi-aplikasi seperti pesan instan dan media sosial.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved