Breaking News:

Kabupaten Klaten

Frekuensi Perjalanan Kereta Api Meningkat, Perlintasan di Tegalsepur Klaten Bakal Ditutup Besok

Perlintasan sebidang KA di sisi barat Stasiun Klaten atau tepatnya JPL 280 di Jalan H Samanhudi, Tegalsepur, Kecamatan Klaten Tengah, akan ditutup

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Hari Susmayanti
TRIBUNJOGJA.COM / Nanda Sagita Ginting
Penampakan KRL Jogja-Solo di stasiun Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Perlintasan sebidang Kereta Api (KA) di sisi barat Stasiun Klaten atau tepatnya JPL 280 di Jalan H Samanhudi, Tegalsepur, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten bakal ditutup, Selasa (9/2/2021) sekitar pukul 17.00 WIB.

Penutupan perlintasan sebidang KA ini dalam rangka mendukung keselamatan perjalanan kereta api, penumpang, maupun pengguna jalan yang melintas.

Hal ini seiring dengan meningkatnya frekuensi perjalanan KA pada perlintasan tersebut mulai Rabu (10/2/2021).

Sebelumnya DJKA dan KAI Daop 6 Yogyakarta telah melakukan sosialisasi kepada unsur pemerintah daerah, pemerintah desa, RT/RW dan warga di lingkungan.

Selain itu, pihak PT KAI juga telah pemasangan spanduk pemberitahuan di sekitar perlintasan dan sosialisasi langsung kepada pengguna jalan.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, mengungkapkan penutupan perlintasan sebidang KA ini merupakan upaya untuk mengurangi kecelakaan di perlintasan sebidang kereta api.

"Dimana pada perlintasan ini frekuensi perjalanan KA akan mengalami peningkatan seiring beroperasinya Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta - Solo (PP)," ujarnya, Senin (8/2/2021).

VIDEO Detik-detik Sepeda Onthel Tertabrak KRL Jogja-Solo, Kondisi Pengendara dan Penjelasan PT KCI

KRL Yogyakarta -Solo Akan Beroperasi Penuh Mulai 10 Februari 2021

Supriyanto mengatakan, jika penutupan perlintasan sebidang itu juga termaktub dalam Undang-undang (UU) 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, pasal 91 ayat 1 yang menjelaskan bahwa perpotongan antara jalur kereta api dengan jalan dibuat tidak sebidang.

Supriyanto menambahkan, di Kabupaten Klaten, beroperasinya KRL Yogyakarta - Solo juga didukung dengan aktifnya lima stasiun yang ada.

"Masyarakat Kabupaten Klaten juga menjadi bagian dari suksesnya pengoperasian KRL ini, karena adanya lima stasiun yang dilintasi KRL mulai 10 Februari 2021, yaitu Stasiun Brambanan, Srowot, Klaten, Ceper dan Delanggu," ucapnya.

Ketersediaan moda transportasi KRL ini juga diharapkan dapat mendukung mobilitas masyarakat dengan transportasi yang aman dan cepat.

"Mari kita sukseskan program strategis nasional Indonesia serta peningkatan pelayanan transportasi massal masyarakat," tutup Supriyanto. (Tribunjogja/Almurfi Syofyan)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved