Breaking News:

Bisnis

Greeneration Foundation dan Coca-Cola Foundation Indonesia Selesaikan Masalah Sampah di Banyuwangi

Greeneration Foundation bersama dengan Coca-Cola Foundation Indonesia menyampaikan pencapaian dari program EcoRanger Banyuwangi pada akhir Januari.

istimewa
Kegiatan Rutin Bersih Pantai yang Biasanya Diikuti oleh Para Wisatawan Domestik dan Mancanegara yang Sedang Berkunjung di Pantai Pulau Merah 

TRIBUNJOGJA.COM - Greeneration Foundation bersama dengan Coca-Cola Foundation Indonesia menyampaikan pencapaian dari program EcoRanger Banyuwangi pada akhir Januari 2021 lalu. 

EcoRanger Banyuwangi merupakan program yang diinisiasi oleh Greeneration Foundation dan berkolaborasi dengan Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI).

Program ini merupakan pilot project dari EcoRanger Indonesia, yaitu implementasi sistem pengelolaan sampah di destinasi wisata yang telah dilaksanakan sejak November 2018 di Pantai Pulau Merah, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Dipenuhi Sampah, Kawasan Pantai Trisik Menjadi Ladang Uang Bagi Pemulung 

Pencapaian program telah menyentuh setidaknya 5 aspek yaitu terbentuknya struktur organisasi tim EcoRanger di wilayah Banyuwangi, partisipasi masyarakat setempat, pendanaan melalui implementasi social entrepreneurship, regulasi (pendampingan pemerintah setempat dalam penyusunan peraturan Desa Sumberagung Nomor 08 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga), dan operasional (pendirian Sektor Kelola Sampah (SEKOLA) sebagai infrastruktur persampahan dan fasilitas pengelolaan sampah terpadu).

Program EcoRanger sejalan dengan visi global “World Without Waste” dari The Coca-Cola Company sebagai upaya keberlanjutan perusahaan untuk menjadi bagian solusi terhadap tantangan lingkungan alam dunia sekaligus membangun ekosistem ekonomi sirkuler. 

Ketua Pelaksana Coca-Cola Foundation Indonesia, Triyono Prijosoesilo, menyampaikan “Melalui program EcoRanger, Coca-Cola bersama dengan Greeneration Foundation mendukung implementasi praktik pariwisata yang berkelanjutan di Indonesia dengan memberikan layanan Community Based Implementation (CBI).

“Kami sangat senang program ini telah berhasil mendorong masyarakat Desa Sumberagung untuk turut berpartisipasi dalam pelestarian daerah wisata dengan meningkatkan pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan berbasis masyarakat,” ujarnya. ( Tribunjogja.com )

Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved