Breaking News:

Bisnis

Pemeriksaan dengan GeNose C-19 Mulai Berlaku di Stasiun Tugu Yogyakarta dan Pasar Senen

Pemeriksaan atau screening COVID-19 dengan GeNose C-19 ini menjadi syarat perjalanan penumpang kereta api jarak jauh di Stasiun Tugu, Yogyakarta.

istimewa
Pemeriksaan dengan GeNose C-19 Mulai Berlaku di Stasiun Tugu Yogyakarta dan Pasar Senen 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - GeNose C-19 mulai digunakan di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Rabu (3/2/2021) sebagai alternatif pemeriksaan kesehatan. 

Pemeriksaan atau screening COVID-19 dengan GeNose C-19 ini menjadi syarat perjalanan penumpang kereta api jarak jauh di Stasiun Tugu, Yogyakarta

Penggunaan GeNose C-19 juga mulai diujicobakan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Sementara, peluncuran secara resmi akan dilakukan pada Jumat (5/2/2021) mendatang.

Mulai 5 Februari 2021, PT KAI Hadirkan GeNose C19 di Stasiun Yogyakarta untuk Penumpang Jarak Jauh

“Hari ini adalah hari pertama untuk soft launching implementasi GeNose di stasiun kereta api. Beberapa penumpang sudah mencoba untuk menggunakan GeNose dan mudah-mudahan implementasinya bisa berjalan dengan baik, “ ucap Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM, Dr Hargo Utomo, MBA, melalui keterangannya, Rabu (3/2/2021). 

GeNose C-19 merupakan produk inovasi berbasis riset berupa hidung elektronik pendeteksi volatile organic compound dalam napas manusia, yang ditemukan oleh tim peneliti UGM yang dipimpin Prof Kuwat Triyana.
Produk ini mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan pada Desember 2020.

Penggunaannya untuk screening Covid-19 bagi penumpang kereta api jarak jauh di wilayah Pulau Jawa disetujui oleh Satgas COVID-19 dalam Surat Edaran Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri di Masa Pandemi COVID-19.

Pada hari pertama penerapannya di Stasiun Tugu, terlihat sejumlah calon penumpang kereta api mulai menggunakan GeNose C-19.

Vio, seorang calon penumpang, memilih GeNose C-19 untuk pemeriksaan COVID-19 karena biayanya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan tes rapid antigen dan PCR.

Halaman
123
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved