Breaking News:

Superkomputer Tercepat di Dunia Bantu Pelajari Fenomena Alam

Superkomputer HPE-Cray EX secara teoritis akan mampu melakukan hampir 20 kuadriliun kalkulasi per detik.

Net
Superkomputer di Wyoming 

TRIBUNJOGJA.COM  – Superkomputer di Wyoming akan masuk ketagori tercepat di dunia dan berguna untuk membantu mempelajari fenomena alam, termasuk perubahan iklim, cuaca buruk, kebakaran hutan, dan semburan matahari.

Hewlett Packard Enterprise, yang berbasis di Houston, memenangkan tawaran penyediaan mesin senilai USD 35 juta hingga USD 40 juta untuk pusat superkomputer di Cheyenne, Pusat Penelitian Atmosfer Nasional di Boulder, Colorado.

Superkomputer HPE-Cray EX secara teoritis akan mampu melakukan hampir 20 kuadriliun kalkulasi per detik atau 3,5 kali lebih cepat daripada mesin yang ada di NCAR-Wyoming Supercomputing Center.

Kecepatan maksimum mesin baru tersebut per detik kira-kira sama dengan setiap orang di Bumi yang menyelesaikan persamaan matematika setiap detik selama sebulan penuh.

Kekuatan itu akan memungkinkan beberapa simulasi paling canggih, tetapi terkait peristiwa alam dan pengaruh manusia dalam skala besar.

Dikutip Tribunjogja dari New York Post, Jumat (29/1/2021), superkomputer tersebut akan menempati peringkat 25 sebagai yang tercepat di dunia setelah dipasang tahun ini dan mulai beroperasi pada awal 2022.

“Superkomputer di Wyoming akan mendukung penelitian dasar dengan cara mengarah kepada prediksi secara lebih rinci dan berguna untuk melihat dunia di sekitar kita,” kata Direktur Pusat Everette Kata Joseph  

Dengan demikian, masyarakat bakal lebih tahan terhadap bencana serta berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan dan kesejahteraan.

Sekadar informasi, lebih dari 4.000 orang dari ratusan universitas dan institusi lain di seluruh dunia telah menggunakan pusat superkomputer sejak dibuka pada 2012.

Berantas Covid-19

Halaman
123
Penulis: Sigit Widya
Editor: Sigit Widya
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved