Kabupaten Klaten

Senin Sore, Banjir Lahar Dingin Terjang Aliran Kaliworo Klaten

Banjir lahar dingin menerjang aliran Kaliworo yang melintas di lereng Gunung Merapi Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Senin (25/1/2021 sore.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Hari Susmayanti
Dok Istimewa
Tangkapan layar banjir lahar hujan yang menerjang aliran Kali Woro di lereng Gunung Merapi Klaten tepatnya di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Senin (25/1/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Banjir lahar dingin menerjang aliran Kaliworo yang melintas di lereng Gunung Merapi Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Senin (25/1/2021 sore.

Informasi yang dirangkum Tribun Jogja, saat kejadian, tidak terdapat warga melakukan aktivitas pertambangan di aliran Kaliworo.

Seorang warga Desa Sidorejo, Jenarto mengatakan jika banjir lahar hujan itu terjadi sekitar pukul 16.30 WIB.

"Untuk banjir lahar hujan terjadi sekitar pukul 16.30. Saat itu situasi di sini hanya hujan gerimis. Mungkin di puncak merapi hujan deras sehingga terjadi banjir lahar dingin," ujarnya, Senin (25/1/2021).

Ia mengatakan jika aliran lahar hujan di Kaliworo pada kali ini cukup deras karena mengalir hingga ke perbatasan Desa Sidorejo dan Desa Balerante.

Baca juga: Besok, Pengungsi Erupsi Merapi di Glagaharjo Dipulangkan

Baca juga: Luncuran Lava Pijar Gunung Merapi ke Arah Barat Daya, BPBD DIY Minta Warga Tetap Siaga

Banjir lahar hujan kali ini pun merupakan yang pertama setelah Gunung Merapi naik status pada November 2020 silam.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris BPBD Klaten, Nur Tjhajono Suharto membenarkan jika terjadi banjir lahar hujan pada sore hari di Kaliworo.

"Laporan dari rekan-rekan memang terpantau demikian. Tapi keadaan masih aman terkendali," katanya.

Ia pun mengimbau warga setempat untuk meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem dalam beberapa waktu terakhir.

"Agar meningkatkan kewaspadaan bila ada kemungkinan longsor tebing dan berkoordinasi dengan relawan setempat," imbuhnya. (Tribunjogja/Almurfi Syofyan)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved