Pendaftaran PPPK Formasi 1 Juta Guru Tahun 2021 Melalui Sistem SSCASN-P3K

skema Rekrutmen PPPK 1 Juta Guru Tahun 2021 masih digodok oleh Badan Kepegawian Negara (BKN), KemenPANRB

Penulis: Iwan Al Khasni | Editor: Iwan Al Khasni
sscn.bkn.go.id
Tangkapan layar laman sscn.bkn.go.id 

Tribunjogja.com Jakarta - Skema Rekrutmen PPPK 1 Juta Guru Tahun 2021 masih digodok oleh Badan Kepegawian Negara (BKN), KemenPANRB, Kemendikbud, Kemenkeu dan Kemendagri.

Namun diketahui untuk rencana awal Rekrutmen PPPK 1 Juta Guru Tahun 2021, proses pendaftaran dilakukan oleh BKN melalui sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara PPPK (SSCASN-P3K).

Sedangkan proses seleksi akan dilakukan oleh Kemdikbud.

Sementara penetapan kebutuhan oleh KemenPANRB.

Dilansir Tribunjogja.com dari laman BKN, rencana itu sudah diungkapkan BKN pada rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR RI pada Senin (18/1/2021).

Jauh hari yang lalu Presiden RI Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin, memberi arahan untuk mengatasi kekurangan guru dalam jumlah besar dengan tetap memperhatikan kualitas pendidik.

Rekrutmen ini adalah salah satu langkah pembangunan sumber daya manusia.

Tenaga guru merupakan salah satu upaya pemenuhan kebutuhan pegawai aparatur sipil negara (ASN) yang mendukung arah pembangunan nasional dan potensi daerah.

Kebutuhan tenaga pendidikan juga disampaikan Mendikbud Nadiem Makarim.

Nadiem menjelaskan, yang bisa mengikuti seleksi ini adalah guru honorer di sekolah negeri dan swasta yang terdaftar di Dapodik, serta lulusan pendidikan profesi guru yang saat ini tidak mengajar.

Pada akhir 2020, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membuka kesempatan untuk pemerintah daerah yang akan mengajukan usulan tambahan formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tenaga guru pada 2021.

“Pengajuan usulan untuk formasi guru PPPK akan diperpanjang sampai dengan 31 Desember 2020 melalui aplikasi e-formasi Kementerian PANRB,” ujar Plt. Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko dikutip dari menpan.go.id.

Berdasarkan data terakhir, ada 174.077 formasi guru PPPK yang telah diusulkan oleh 32 provinsi, 370 kabupaten, dan 89 kota.

Pemerintah pusat mendorong pemda untuk memaksimalkan usulan formasi untuk Guru PPPK berdasarkan kebutuhan masing-masing daerah.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved