Breaking News:

Capaian Realisasi Fisik dan Keuangan Menurun, Bupati Magelang Ingatkan Sejumlah OPD  

Sampai dengan akhir Tahun Anggaran 2020, realisasi fisik tertimbang belanja langsung APBD Kabupaten Magelang

Istimewa
Bupati Magelang, Zaenal Arifin saat memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (Rakor-Pok) Terpadu Tingkat Kabupaten Magelang Akhir Triwulan IV Tahun Anggaran 2020 yang diikuti oleh sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sampai dengan akhir Tahun Anggaran 2020, realisasi fisik tertimbang belanja langsung APBD Kabupaten Magelang, yang dihimpun dari aplikasi SIMONEVA adalah sebesar 93,35% dan realisasi keuangan sebesar 82,53% di luar kegiatan BOS yang sampai saat ini masih dalam proses rekapitulasi.

Apabila dibandingkan dengan tahun 2019, di mana realisasi fisik tertimbang adalah sebesar 96,17% dan realisasi keuangan sebesar 84,10%, maka capaian pada tahun 2020 ini mengalami penurunan. 

Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengingatkan agar capaian realisasi fisik tertimbang dan realisasi keuangan yang mengalami penurunan Agara dicermati secara bersama.

Baca juga: Malini, Tak Hanya Produk Lilin Beraroma Tapi Sekaligus Kampanyekan Produk Kreatif Ramah Lingkungan

Baca juga: PREDIKSI Manchester United vs Liverpool: Cavani Starter, Henderson Diragukan

Hal itu diungkapkannya dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (Rakor-Pok) Terpadu Tingkat Kabupaten Magelang Akhir Triwulan IV Tahun Anggaran 2020 yang diikuti oleh sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

"Hal ini perlu kita cermati, kendala dan permasalahan atau hambatan yang menjadi penyebabnya, agar tidak terulang lagi pada tahun-tahun ke depannya," ujar, Zaenal. 

Ia mengatakan, tujuan Rakor-Pok Terpadu ini guna memberikan gambaran kinerja pelaksanaan kegiatan pembangunan daerah yang bersumber dari APBD Kabupaten Magelang, sekaligus untuk mengevaluasi kinerja pelaksanaan kegiatan sampai dengan akhir bulan Desember 2020, mengidentifikasi kendala, permasalahan dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, serta sebagai forum koordinasi dan komunikasi untuk mencari solusi atas permasalahan yang ditemui dalam pelaksanaan kegiatan tahun 2020.

Baca juga: UPDATE SKOR Live Streaming Juventus vs Bologna Tayang via Channel RCTI+

Baca juga: AMSI Rumuskan Strategi Dorong Ekosistem Digital yang Adil bagi Media Online

"Selagi saat ini kita masih dalam masa penyusunan RKPD Tahun 2022, manfaatkan momentum ini untuk benar-benar melakukan perencanaan yang lebih baik dan matang, agar hasil yang didapatkan juga lebih baik. Sehingga diharapkan akhir periode perencanaan jangka menengah nanti visi misi Kabupaten Magelang dapat tercapai," katanya.

Dalam rangka meningkatkan capaian kinerja di tahun anggaran 2021 ini, Zaenal meminta kepada para pengguna anggaran untuk segera mengambil langkah-langkah diantaranya, memerintahkan PPTK untuk menyusun Rencana Kerja Operasional (RKO) sebagai acuan pelaksanaan kegiatan tahun 2021, segera memulai pelaksanaan kegiatan Tahun Anggaran 2021 dengan mempedomani RKO, Rencana Umum Pengadaan (RUP), maupun anggaran kas yang telah ditetapkan dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). (jsf)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved