Breaking News:

DKP DI Yogyakarta Imbau Nelayan Ikuti Pelatihan Keselamatan Dasar

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengimbau para nelayan agar mengikuti pelatihan

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengimbau para nelayan agar mengikuti pelatihan basic safety training untuk meningkatkan keamanan saat  melaut.

Kepala Seksi Teknis Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  Catur Nur Amin menuturkan, perlunya pembekalan bagi nelayan agar terhindar dari bahaya melaut.

"Sebenarnya kami selalu mengadakan pelatihan dan penyuluhan setiap tahunnya untuk para nelayan. Jadi, di situ kami memberikan tata cara dalam menangkap ikan yang aman dan mengutamakan keselamatan," jelasnya kepada Tribun Jogja, pada Sabtu (16/01/2021).

Baca juga: RAMALAN Zodiak Minggu 17 Januari 2021 Besok: Taurus Hati-hati Bakal Dikecewakan, Gemini Bahagia

Baca juga: Jelang Liverpool Vs Man United, Alex Ferguson Ungkap Nyaris Beli Kapten The Reds

Sementara itu, saat disinggung terkait adanya nelayan Gunungkidul yang hanyut, pihaknya mengatakan akan mengkoordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

"Ya, benar sudah dikoordinasikan. Karena, pembinaan nelayan menjadi tanggung jawab Pemkab setempat. Apalagi, kasus tersebut menimpa nelayan yang tidak menggunakan perahu sehingga masuk kelompok instalasi yang sulit untuk dibina," tuturnya.

Ia pun berpesan, pada kondisi dengan cuaca pancaroba yang didominasi musim penghujan, agar para nelayan tetap memperhatikan gelombang laut dan sarana pendukung sebagai alat pengaman.

"Harus tetap mengecek kondisi cuaca. Kan, sudah ada juga grup cuaca bagi nelayan yang bekerja sama dengan BMKG DIY. Lalu, kelengkapan alat pengaman juga diperhatikan seperti pelampung. Meskipun, hanya sekadar memancing di pinggir laut," urainya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved