Yogyakarta

DLHK DIY Belum Bisa Tentukan Jumlah Produksi Sampah pada Libur Pergantian Tahun

Jumlah produksi sampah  yang dihasilkan pada perayaan tahun baru belum bisa ditentukan karena tempat pembuangan akhir (TPA) masih ditutup.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY menyampaikan jumlah produksi sampah  yang dihasilkan pada perayaan tahun baru belum bisa ditentukan karena tempat pembuangan akhir (TPA) masih ditutup.

Kepala Balai Pengelolaan Sampah DLHK DIY, Fauzan Umar mengatakan,  pada hari ini (01/01/2021) operasional TPST Piyungan masih ditutup.

"Kalau ditanya seperti apa total produksi sampah selama perayaan tahun baru, belum bisa disampaikan jumlah pastinya. Kemungkinan besok baru bisa kami lakukan evaluasi ketika TPST Piyungan kembali buka," jelasnya kepada Tribunjogja.com, pada Jumat (01/01/2021).

Meskipun demikian, pihaknya memperkirakan ada penurunan produksi sampah pada perayaan akhir tahun ini.

Baca juga: DLHK DIY : Pembatasan Mobilitas Manusia pada Malam Tahun Baru Mampu Tekan Produksi Sampah

Dilihat dari, beberapa laporan dari petugas  kebersihan yang bekerja di lapangan.

"Ya, contohnya seperti kawasan Malioboro yang jumlah sampahnya jauh lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya. Padahal, pada perayaan atau liburan panjang biasanya kawasan Malioboro menjadi salah satu penyumbang sampah terbanyak," ujarnya.

Ia menambahkan, perkiraan terjadinya penurunan sampah karena adanya aturan pembatasan jam berwisata yang dilakukan oleh Pemda DIY selama perayaan tahun baru.

Sehingga, hal tersebut akan mempengaruhi mobilitas para pengunjung di lokasi wisata.

"Nampaknya memang ada pengaruhnya dari pembatasan jam oleh Pemda DIY yang membuat pengunjung tidak berlama-lama di lokasi wisata. Sehingga, potensi menghasilkan sampah juga cenderung lebih sedikit. Namun, ini masih sebatas prediksi untuk pastinya besok akan kami sampaikan informasinya," tambahnya. ( Tribunjogja.com
 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved