Breaking News:

UNY Lakukan Pengambilan Sumpah Pejabat Fungsional 

Plt Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Margana hari ini melakukan pengambilan sumpah pejabat fungsional UNY di Auditorium UNY

Istimewa
UNY Lakukan Pengambilan Sumpah Pejabat Fungsional 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Plt Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Margana hari ini melakukan pengambilan sumpah pejabat fungsional UNY di Auditorium UNY, Rabu (23/12/2020). 

"Saya menugaskan pada Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan untuk menyiapkan koordinator dan sub-koordinator jabatan fungsional UNY dalam rangka penataan organisasi dan pengalihan jabatan struktural eselon III dan IV ke jabatan fungsional, yang bertugas agar perjalanan organisasi di UNY berjalan lancar sembari menunggu revisi Organisasi Tata Kerja (OTK) yang baru," ujarnya. 

Sebelumnya, pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengeluarkan Peraturan nomor 30 tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah di lingkungan Unit Utama, PTN, dan LLDIKTI yang menekankan adanya reformasi birokasi di berbagai Kementerian termasuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Baca juga: Budi Gunadi Sadikin Jadi Menteri Kesehatan, Ini Respon dan Harapan IDI

Baca juga: BERITA TIMNAS U-19 : Inilah Daftar 27 Pemain yang Dibawa Shin Tae-yong untuk TC di Spanyol

Ada beberapa area perubahan reformasi birokrasi di antaranya manajemen perubahan, penataan sistem manajemen sumber daya manusia aparatur, penguatan organisasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. 

Lebih lanjut, ditegaskan Margana bahwa jabatan adalah amanah yang merupakan titipan dan tidak selamanya akan melekat.

“Jabatan adalah amanah Illahi oleh karena itu harus kita laksanakan dengan sungguh-sungguh, tanggung jawab, memiliki komitmen yang kuat, dan sepenuh hati,” tutur Margana. 

Ia mengajak para pejabat untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh warga UNY, alumni, mitra perguruan tinggi, dan pengguna lulusan dengan mengutamakan kenyamanan spiritual, akademik, psikologis, sosial budaya, dan lingkungan.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG : Kamis Besok, Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah Berikut Ini

Baca juga: Disperindag DI Yogyakarta Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok Masih Aman pada Nataru

Untuk tahap pertama, UNY menerima surat keputusan penyetaraan jabatan administrasi ke jabatan fungsional untuk 60 orang meliputi 15 ahli madya dan 45 ahli muda. 

Perinciannya adalah analis anggaran 3 orang, analis hukum 1 orang, analis kepegawaian 19 orang, analis pengelolaan keuangan APBN 9 orang, arsiparis 18 orang, pengelola pengadaan barang dan jasa 2 orang, pranata humas 4 orang, serta pranata komputer 4 orang. 

Penandatanganan sumpah jabatan dilakukan oleh Sri Ningsih dan Panut Sumardi disaksikan Plt. Rektor dan sejumlah pejabat UNY. Dengan demikian jumlah PNS UNY yang sudah fungsional adalah 109 orang atau 26,14 persen dari total PNS tenaga kependidikan UNY sejumlah 417 orang. (uti) 

Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved