Breaking News:

Bisnis

Setelah Diterapkan, dalam Sehari Ada 1.012 Pelanggan KA Jarak Jauh Lakukan Rapid Test Antigen

Pelanggan yang melakukan Rapid test antigen di Stasiun Yogyakarta sebanyak 1.012 orang, dan di Solo Balapan sebanyak 203 orang. 

TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari
Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto 

TRIBUNJOGJA.COM - Pelanggan KA jarak jauh diharuskan untuk menunjukkan hasil Rapid test antigen yang negatif atau hasil PCR Swab negatif, sebagai syarat untuk naik kereta api.

Aturan ini diberlakukan mulai 22 Desember 2020-8 Januari 2021.

Terkait hal tersebut, PT KAI mengimbau agar masyarakat menyiapkan waktu untuk melakukan tes.

Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto menjelaskan pelanggan KA jarak jauh diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil Rapid test antigen negatif COVID-19 yang berlaku selambat-lambatnya tiga hari sebelum tanggal keberangkatan KA (H-3) atau Tes PCR Negatif COVID-19 yang berlaku selambat-lambatnya 14 hari sebelum tanggal keberangkatan (H-14).

Baca juga: Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Masuk-Keluar Yogyakarta Wajib Tunjukan Syarat Ini

Bekerjasama dengan Rajawali Nusantara Indonesia Grup, KAI menyediakan layanan Rapid Tes Antigen di stasiun dengan harga Rp105 ribu.

Layanan tersebut tersedia di 15 Stasiun  yaitu di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang tawang, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang.

Pelayanan dibuka mulai 07.00 - 20.00.

Lantaran proses pelayanan rapid test antigen memakan waktu lebih lama dibanding rapit tes antibodi, ia pun mengimbau pelanggan KA yang ingin menggunakan layanan rapid test antigen di stasiun H-1 perjalanan untuk menghindari keterlambatan jika dilakukan di hari keberangkatan.

"Penyediaan layanan ini merupakan komitmen KAI untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam  menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api," ujar Supriyanto, Rabu (23/12/2020).

Sementara untuk wilayah Daop 6 Yogyakarta, ia memantau bahwa pelanggan KA jarak jauh sangat antusias untuk mematuhi protokol kesehatan saat Naik KA.

Halaman
12
Penulis: Santo Ari
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved